Tiket Belum Bisa Dipesan, Walau Tanggal dan Rute Terbang dari Kertajati Sudah Ditetapkan

Tiket Belum Bisa Dipesan, Walau Tanggal dan Rute Terbang dari Kertajati Sudah Ditetapkan

Tiket pesawat Bandara Kertajati Majalengka ke Kuala Lumpur Malaysia belum tersedia. -Tangkapan layar-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Melalui Siaran Pers Nokor:  23/SP/KSIHU/III/2023, Departemen Perhubungan mengumumkan rute penerbangan baru dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati MAJALENGKA.

Bandara yang belum lama ini dihebohkan dengan mendaratnya pesawat super jumbo Antonov N 124-100 ini akan melayani rute penerbangan internasional. Rute yang sudah ditetapkan Bandara Kertajati akan melayani penerbangan ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Rencananya penerbangan internasional pertama akan dilakukan pada 17 Mei 2023. Maskapai AirAsia Berhard yang akan mengoperasikan rute penerbangan Kertajati (KJT) – Kuala Lumpur (KUL) pulang pergi.

Walau sudah dipastikan waktunya, namun masyarakat masih belum bisa memesan tiket pada penerbangan perdana tersebut. Misalnya melalui pemesanan tiket Traveloka, yang muncul tulisan “Penerbangan tidak tersedia”. Aplikasi itu justru menganjurkan untuk ganti tanggal.

BACA JUGA:SEGAR! Ini 4 Wisata Air di Majalengka, Bisa dari Tol Cisumdawu

Hal yang sama juga dialami aplikasi pemesanan tiket lainnya. Bunyinya juga nyaris sama. “Penerbangan tidak ada”.

Seperti diketahui bersama, Bandara Kertajati sudah lama tidak melayani penerbangan umum. Bandara itu hanya melayani penerbangan angkutan barang atau kargo. Walau tidak terlalu ramai juga.

Berita tentang Bandara Kertajati melayani penerbangan umum tersebut, tentu disambut antusias warga Jawa Barat pada umumnya. Hanya sayang, walau tanggal sudah ditetapkan, masyarakat masih belum bisa memesan tiket secara online. Di aplikasi pemesanan tiket online, masih belum ada penerbangan di tanggal dan rute tersebut.

Biasanya di penerbangan perdana itu masyarakat sangat antusias. Apalagi penerbangan internasional yang tidak terlalu jauh. Seperti penerbangan ke negeri serumpun, Malaysia. 

BACA JUGA:ASYIK! AirAsia Buka Rute Kuala Lumpur - Bandara Kertajati Majalengka, Nih Jadwal Penerbangannya

Seperti diketahui, pengoperasian kembali rute internasional ini berdasarkan surat Penetapan Pelaksanaan Rute Penerbangan Luar Negeri. Surat tersebut diterbitkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan, dua hari lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M Kristi Endah Murni menyambut baik hal tersebut. Kristi pun berharap ke depannya makin banyak maskapai dan rute penerbangan yang dilayani di Bandara Kertajati di Majalengka.

“Ini jadi pertanda bahwa industri penerbangan Indonesia, terutama rute luar negeri sudah mulai pulih kembali sejak masa pandemi Covid-19,” ucap Kristi.

Dia menjelaskan, rute Kertajati (KJT) – Kuala Lumpur (KUL) tersebut dijadwalkan beroperasi 2 kali dalam seminggu. Penerbangan perdana tanggal tanggal 17 Mei sampai 25 Oktober 2023. Setelah itu akan ada pinjauan kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: