WOW! Majalengka Jadi Pertemuan Arus Mudik Tol Cisumdawu dan Cipali

WOW! Majalengka Jadi Pertemuan Arus Mudik Tol Cisumdawu dan Cipali

Junction Dawuan di Km 152 Tol Cipali yang menjadi pertemuan arus lalu lintas dari Bandung via Tol Cisumdawu dan Jakarta.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Kabupaten MAJALENGKA akan menjadi lokasi pertemuan lalu lintas mudik antara Tol Cipali dan Tol Cisumdawu pada arus mudik lebaran 2023.

Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang akan dioperasikan pada 15 April 2023 memiliki akses keluar di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama yang berlanjut ke Junction Dawuan di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Akses keluar dari Jalan Tol Cisumdawu itu, langsung terhubung ke Tol Cipali di kilometer 152 via Simpang Susun atau Junction Dawuan.

Karenanya, pada lokasi ini akan terjadi pertemuan antara lalu lintas dari arah Bandung - Sumedang dengan dari arah Jakarta - Subang.

BACA JUGA:Sebelum Beroperasi untuk Mudik, TOL CISUMDAWU Bakal Dilakukan Uji Coba

Sementara pada arus mudik nanti, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri juga telah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas di Jalan Tol Cikopo Palimanan.

Pasalnya, ruas tol ini menjadi penghubung utama dari arah Jakarta - Semarang yang merupakan lalu lintas paling dominan saat arus mudik.

Dari pantauan radarmajalengka.com Junction Dawuan memiliki beberapa akses masuk dan keluar dari Tol Cipali ke Cisumdawu. Baik ke arah Jakarta maupun ke arah Jawa Tengah (Jateng).

Lalu lintas dari Bandung ke Majalengka juga tersentral keluar di lokasi ini, sebelum nantinya menuju ke Gerbang Tol Kertajati Utama, dan Sumber Jaya.

BACA JUGA:SAMBUT PEMUDIK 2 Jembatan Terpanjang di TOL CISUMDAWU Mulai Diaspal

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa kementeriannya bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas) dan Jasa Marga akan menerapkan rencana rekayasa lalu lintas yang lebih terukur daripada sebelumnya.

Menurutnya, rencana ini diharapkan dapat lebih efektif dalam mengatasi kemacetan lalu lintas antisipasi mudik Idulfitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

mengakui potensi kemacetan lalu lintas di jalan tol Cipali. Untuk itu, kerja sama dengan Korlantas dalam rencana rekayasa lalu lintas dapat mengatasi hal ini melalui arus lalu lintas satu arah, contraflow, dan aturan ganjil-genap.

“Cipali itu, Mas tahu bahwa dari Jakarta sampai kilometer 66 empat jalur, empat-empat, jadi delapan jalur. Dan, setelah kilometer 66 itu dua-dua jalur. Nah di situlah rekayasa lalu lintas akan dilakukan, baik itu one way, contraflow, atau satu lagi yang akan kita terapkan adalah ganjil genap," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: