Sebelum Beroperasi untuk Mudik, TOL CISUMDAWU Bakal Dilakukan Uji Coba

Sebelum Beroperasi untuk Mudik, TOL CISUMDAWU Bakal Dilakukan Uji Coba

Sebelum digunakan untuk mudik Tol Cisumdawu akan dilakukan uji coba oleh Polres Sumedang dan jajaran kepolisian.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Sebelum beroperasi untuk arus mudik, Tol Cisumdawu akan dilakukan uji coba oleh pihak kepolisian.

Uji coba pada Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan untuk memastikan keamanan pengguna yang melintasi ruas jalan sepanjang 28,2 kilometer di Seksi 4 sampai dengan 6.

Rencana uji coba pada ruas Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai dengan 6 atau Legok - Ujung Jaya, diungkapkan oleh Polres Sumedang saat pemantauan lapangan.

Dari uji coba itu, nantinya akan ditentukan apakah Tol Cisumdawu dapat dilintasi pemudik atau tidak. Mengingat penyelesaian konstruksi dan rencana beroperasi yang mepet.

BACA JUGA:SAMBUT PEMUDIK 2 Jembatan Terpanjang di TOL CISUMDAWU Mulai Diaspal

Kendati demikian, pemerintah sudah memasukan rencana operasi jalan tol tersebut pada mudik lebaran 2023 atau setidaknya 15 April.

Pada publikasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai dengan 6 masuk dalam daftar yang berpotensi beroperasi secara fungsional.

Sementara Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), pada 4 April nanti rencananya akan melakukan finalisasi ruas mana saja yang akan beroperasi.

Saat melakukan peninjauan ke lapangan, Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan meminta agar aspek keamanan pengguna jalan menjadi hal yang utama dalam penggunaan jalan tol ini.

BACA JUGA:Menembus Terowongan TOL CISUMDAWU Menghubungkan Bandung dan Majalengka

"Utamakan duu keselamatan dan keamanan pengguna jalan. Tadi disampaikan tim teknis di lapangan, Insya Allah di tanggal 15 sudah jadi," kata Indra.

Disampaikan dia, sebelum benar-benar beroperasi dan digunakan masyarakat untuk mudik, akan dilakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan keamanan dan kelayanannya.

"Tetapi akan dilaksanakan uji coba lebih dahulu apakah benar layak atau tidak, aman atau tidak," papar Indra, dilansir dari publikasi multimedia Polres Sumedang.

Sementara itu, dalam paparannya kepada Forkopimda Kabupaten Sumedang, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan bahwa Seksi 4B dengan panjang 2,5 kilometer, sampai dengan sekarang sudah 98,4 persen konstruksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: