UPDATE! Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Kemungkinan 1 Jalur dari Bandung ke Majalengka

UPDATE! Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Kemungkinan 1 Jalur dari Bandung ke Majalengka

Update Tol Cisumdawu yang akan beroperasi pada 15 April 2023.-Polres Sumedang-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu direncanakan untuk beroperasi pada 15, April 2023 secara penuh dari Seksi 1 sampai dengan 6 untuk menunjang arus mudik lebaran.

Kendati sudah ditargetkan dapat digunakan dan beroperasi secara penuh, tetapi masih ada pekerjaan konstruksi di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan.

Perhatian saat ini mengarah ke Seksi 5A dan 5B Jalan Tol Cisumdawu dengan total panjang jalan menapai 14,90 kilometer, karena terdapat beberapa pekerjaan yang belum selesai.

Dalam paparannya, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan bahwa Seksi 4B dengan panjang 2,5 kilometer, sampai dengan sekarang sudah 98,4 persen konstruksinya.

BACA JUGA:IRONIS! Timnas Indonesia U-20 Batal ke Piala Dunia, Timnas Israel Tetap Main

Sehingga pada ruas Seksi 4 diperkirakan akan siap dipakai pada 15, April 2023 nanti, karena pekerjaan tinggal sedikit lagi.

"Untuk agenda fungsional di tanggal 15 April insya Allah siap," sebut petugas dari PT CKJT memaparkan kepada Forkopimda Kabupaten Sumedang.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyatakan, Forkopimda sengaja untuk meninjau, memonitor persiapan mudik yang melalui jalur ke Sumedang.

Sebab, ada rencana dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyar (PUPR) bahwa Tol Cisumdawu rencananya akan dibuka mulai 15 Apri.

BACA JUGA:KECEWA! Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Kiper Timnas Asal Majalengka Sampaikan Hal Ini

"Jadi nanti bisa 1 jalur lewat ini dan akan mengurangi kemacetan di beberapa ruas di Sumedang dan mempermudah, mempercepat arus mudik dengan memberikan kenyamanan," katanya.

Sementara itu, Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan meminta agar aspek keamanan pengguna jalan menjadi hal yang utama dalam penggunaan jalan tol ini.

"Utamakan duu keselamatan dan keamanan pengguna jalan. Tadi disampaikan tim teknis di lapangan, Insya Allah di tanggal 15 sudah jadi. Tetapi akan dilaksanakan uji coba lebih dahulu apakah benar layak atau tidak, aman atau tidak," papar Indra, dilansir dari publikasi multimedia Polres Sumedang.

Di kesempatan yang sama, Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, Bagus Medi Suarso menambahkan, saat ini konstruksi menyisakan di Seksi 5, karena di Seksi 4 sudah hampir selesai dan siap dioperasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: