IRONIS! Timnas Indonesia U-20 Batal ke Piala Dunia, Timnas Israel Tetap Main

IRONIS! Timnas Indonesia U-20 Batal ke Piala Dunia, Timnas Israel Tetap Main

Timnas Indonesia U-20 batal ke Piala Dunia U-20 usai Indonesia dibatalkan FIFA sebagai tuan rumah.-PSSI-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Timnas Indonesia U-20 batal ke Piala Dunia U-20 karena status tuan rumah dicabut oleh FIFA, Rabu, 29, Maret 2023 melalui pengumuman resmi badan sepakbola dunia itu.

Kendati demikian, Timnas Israel yang selama ini ditolak hadir di Indonesia dan menjadi musabab munculnya gelombang protes, justru tetap melaju di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Pasalnya Tim Nasional Indonesia U-20 lolos ke ajang tersebut untuk pertama kalinya sejak 1979, dengan status sebagai tuan rumah dan tidak mengikuti babak kualifikasi.

Sedangkan Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U-20 berawal dari kualifikasi Piala Eropa U-19, di mana mereka berhasil menjadi runner up di bawah juara grup B yakni Inggris.

BACA JUGA:Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Komentar Kiper Asal Majalengka Menyesakan

Dengan status runner up, Israel yang lolos ke Semifinal Piala Eropa U-19 dan berhasil menggaransi 1 tiket dari Zona Eropa untuk ke Piala Dunia U-20.

Karena status kelolosan itu, Timnas Israel yang awalnya tidak diunggulkan justru lolos dan menjadi wakil dari Zona Eropa bersama negara-negara yang punya tradisi di Piala Dunia level U-20.

Adapun perwakilan dari Benua Biru yang lolos ke Piala Dunia U-20 adalah Inggris selaku juara Piala Eropa U-19, Italia sebagai semifinalis, Prancis sebagai semifinalis, Israel sebagai semifinalis dan Slovakia yang masuk dari jalur Play Off.

Dalam keterangannya, Presiden RI, Joko Widodo menyatakan bahwa perjuangan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia sudah dilakukan sejak tahun 2019.

BACA JUGA:Komentar Nyesek Kiper Timnas Asal Majalengka ke Ganjar Gegara Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Saat ini, Indonesia melakukan bidding dengan dua negara lainnya yakni Brasil dan Peru. Dalam proses itu, Indonesia terus berusaha meyakinkan agar ajang ini bisa terselenggara di tanah air.

Akhirnya, FIFA memutuskan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2023 dan dinyatakan sebagai pemenang dari bidding pada Oktober 2019.

"Ini adalah kehormatan bagi Bangsa Indonesia, karena kita mendapat kepercayaan ditunjuk dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20," kata Presiden, dalam keterangannya.

Jokowi menambahkan, ketika mengajukan menjadi tuan rumah, Indonesia tidak mengetahui siapa saja yang menjadi peserta dari ajang itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: