Detik-detik Pesawat Cargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Pilot Sampaikan Hal Ini

Detik-detik Pesawat Cargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Pilot Sampaikan Hal Ini

Momen petugas Airnav memandu pesawat cargo terbesar dunia mendarat dan take off di Bandara Kertajati Majalengka.-Leonardo Edwin/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Detik-detik pesawat cargo terbesar di dunia yakni, Antonov AN-124 100 M saat mendarat di Bandara Kertajati MAJALENGKA.

Pesawat Antonov AN-124 100 M dengan call sign Ruslan itu, tiba di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, Rabu, 22, Maret 2023.

Sebelumnya, pesawat buatan Ukraina itu terbang dari Houston, Texas, Amerika Serikat pada Selasa, 21, Maret 2023. Lantas singgah di Bandara Nagoya, Jepang dan bertolak ke Majalengka.

Tiba di Bandara Kertajati, pesawat ini tidak sekadar singgah karena dilakukan bongkar muatan hingga melakukan pengisian bahan bakar.

BACA JUGA:CANGGIH! Teknologi Geofoam EPS Dipakai di TOL CISUMDAWU, Tidak Perlu Urugan Tanah

Lalu, pesawat tersebut bertolak ke Johor, Malaysia sekitar pukul 18.20 WIB. Untuk melakukan pengangkutan paket berikutnya.

Pendaratan pesawat cargo terbesar di dunia di Bandara Kertajati Majalengka itu, menjadi perbincangan khalayak hingga Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Bahkan, Menhub mengakui, bahwa Bandara Kertajati sangat mumpuni untuk penerbangan cargo hingga penumpang internasional, karena landasannya bisa didarati pesawat berbadan besar.

Selain perbincangan khalayak, momen tersebut juga menjadi kesan tersendiri bagi petugas Airnav Kertajati, Deby Elizabeth.

BACA JUGA:WOW! Tol Cisumdawu Pakai Teknologi Jalan di Norwegia, Pasang Geofoam untuk Ganti Tanah Urugan

Wanita yang merupakan petugas air traffic control (ATC) itu, sangat bangga bisa memandu pesawat cargo terbesar di dunia mendarat di Bandara Kertajati.

Apalagi, pesawat tersebut melaju di taxiway menggunakan follow me car atau kendaraan operasional bandara yang dipakai untuk memandu.

Besar kemungkinan, penggunaan follow me car untuk membantu pilot melihat garis di taxiway menuju ke apron.

Berikut perbincangan antara pilot dengan petugas Airnav Kertajati pada detik-detik pesawat Antonov AN-124 100 M mendarat di Bandara Kertajati Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: