Disewa Chandra Asri, Pesawat Antonov Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Bawa Mesin Ini

Disewa Chandra Asri, Pesawat Antonov Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Bawa Mesin Ini

Pesawat Antonov AN-124 100 M yang disewa PT Chandra Asri Petrochemical mendarat di Bandara Kertajati Majalengka. -Leonardo Edwin/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pesawat Antonov AN-100 M dengan call sign Ruslan mendarat di Bandara Kertajati MAJALENGKA, Rabu, 22, Maret 2023.

Kehadiran pesawat cargo terbesar di dunia yang masih beroperasi itu, menjadi perbincangan publik. Apalagi, kedatangannya membawa mesin berukuran besar yang akan dibawa ke Cilegon, Provinsi Banten. 

Rupanya, pesawat cargo Antonov AN-124 100 M itu, disewa oleh PT Chandra Asri Petrochemical untuk pengembangan dan peningkatan kapasitas produksi pada pabrik mereka.

Mesin yang belum disebutkan jenisnya itu, dipesan dari perusahaan di Houston, Texas, Amerika Serikat. Itulah kenapa pesawat cargo itu, memulai perjalanannya dari Texas pada Selasa, 21, Maret 2023 waktu setempat.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Mau Beroperasi saat Mudik, Seperti Ini Kondisinya

Kemudian terbang dan singgah di Nagoya, Jepang untuk mengisi bahan bakar dan mendarat mulus di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. 

Bahkan di Bandara Kertajati, sempat dilakukan pengisian bahan bakar sebelum melanjutkan perjalanan. Kurang lebih 4 jam, pesawat itu singgah untuk bongkar muatan. 

Pendaratan sendiri berlangsung sekitar pukul 14.41 WIB, Rabu, 22, Maret 2022. Kemudian kembali terbang menuju Johor, Malaysia sekitar pukul 18.20 WIB.

Setelah tiba di Bandara Kertajati, mesin itu harus melalui jalan panjang di Tol Trans Jawa. Harus melewati Tol Cipali sebelum masuk ruas Tol Cikampek-Jakarta. Kemudian akan membelah kota Jakarta. Setelah itu baru melalui tol Jakarta-Merak exit Cilegon.

BACA JUGA:Kampanye Be Brave Like Ukraine saat Pesawat Antonov Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

Seperti diketahui, pabrik petrokimia PT milik Chandra Asri Tbk (TPIA) mendatangkan pesawat kargo udara terbesar di dunia buatan Ukraina, Antonov 124-100. 

Kepastian tentang teka-teki Antonov yang mendarat di Bandara Kertajati itu disampaikan oleh Corporate Communication PT Chandra Asri Tbk, Chrysanthi Tarigan. 

Kepada CNBC Indonesia, Chrysanthi memastikan bahwa perusahaan milik Chandra Asri tersebut yang menyewa pesawat kargo super jumbo itu. Pesawat yang mendarat di Bandara Kertajati tersebut untuk mengangkut muatan mesin pabrik yang dipesan dari Amerika Serikat.

Mesin itu, kata Chrysanthi, dipesan dari Negeri Paman Sam dalam rangka meningkat produktivitas perusahaan milik taipan Prajogo Pangestu itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: