WASPADA! Potensi Kemacetan Bila TOL CISUMDAWU Cuma Sampai Cimalaka saat Mudik

WASPADA! Potensi Kemacetan Bila TOL CISUMDAWU Cuma Sampai Cimalaka saat Mudik

Tol Cisumdawu diharapkan dapat selesai pada April 2023 dan dapat dipakai untuk mudik, karena bila tidak bisa menghadirkan potensi kemacetan di Jalan Raya Cirebon Bandung.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Ada potensi kemacetan bila Tol Cisumdawu tidak beroperasi penuh saat mudik, atau hanya sampai Gerbang Tol Cimalaka Seksi 3.

Potensi kemacetan itu, dikarenakan adanya peningkatan volume lalu lintas yang melalui Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan.

Lalu lintas dari Bandung ke arah Jawa Tengah (Jateng) diperkirakan akan menggunakan Tol Cisumdawu, ketimbang memutar melewati Tol Cipularang dan Cipali.

Peralihan lalu lintas ini, yang akan diantisipasi jajaran kepolisian. Apalagi bila Jalan Tol Cisumdawu hanya beroperasi sampai dengan Seksi 3 Cimalaka.

BACA JUGA:Rumitnya Seksi 5 Tol Cisumdawu, Sudah Ada 2 Jembatan, Sekarang Mau Tambah 1 Lagi

Ruas sepanjang 32,55 kilometer mulai dari Cileunyi - Cimalaka tersebut, berpotensi dilalui kendaraan pemudik menuju wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Masalahnya, selepas Gerbang Tol Cimalaka, pengendara akan bertemu dengan Jalan Raya Cirebon Bandung yang cukup padat.

Apalagi menjelang Idul Fitri, banyak pusat keramaian di sepanjang jalur yang menghubungkan Cimalaka sampai dengan Kadipaten itu.

Kondisi ini, yang sedang diupayakan untuk dilakukan antisipasi. Termasuk oleh Polres Majalengka yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:PENAMPAKAN TERKINI Tol Cisumdawu Seksi 5, Jalan Masih Terputus-putus ke Arah Majalengka

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi mengatakan, ada potensi peningkatan kendaraan dari arah Bandung ke Jawa Tengah yang melintasi Tol Cisumdawu.

"Informasi yang diterima sampai dengan saat ini baru sampai Cimalaka," kata Kapolres Majalengka, kepada radarmajalengka.com.

Oleh karena itu, perlu dilakukan sejumlah langkah pencegahan agar dapat mengurai kepadatan lalu lintas di ruas tersebut.

Salah satunya dengan melaksanakan rekayasa lalu lintas, penambahan rambu petunjuk jalan agar pengendara bisa menuju ke arah Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: