TOL CISUMDAWU Gagal Tersambung ke Majalengka, Rupanya Masalahnya di Sini, Oh Ternyata

TOL CISUMDAWU Gagal Tersambung ke Majalengka, Rupanya Masalahnya di Sini, Oh Ternyata

Persiapan pembangunan jembatan di Seksi 5B Tol Cisumdawu yang terjadi longsor dan membuat ruas jalan tersebut gagal tersambung ke Majalengka.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu gagal tersambung ke Kabupaten Majalengka pada akhir Februari 2023 dan kemungkinan belum selesai di akhir bulan ini.

Rupanya ada masalah di pembangunan Seksi 5B Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dan masih ditangani sampai dengan saat ini.

Masalah di Seksi 5B tersebut, membuat target penyelesaian Jalan Tol Cisumdawu mundur menjadi pertengahan April 2023 atau paling tidak H-7 Idul Fitri.

Adanya masalah di Seksi 5B tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Senin, 6, Maret 2023.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Terbaru Jembatan Kedondong TOL CISUMDAWU yang Sebentar Lagi Selesai

Menteri Basuki mengakui, target penyelesaian Tol Cisumdawu juga molor sampai pertengahan April karena adanya masalah tersebut.

"Saya ingin Tol Cisumdawu bisa dipakai mudik," kata Menteri Basuki, di Bandung, mengenai kondisi terkini ruas tol tersebut.

Diungkapkan Menteri Basuki, masalah di Seksi 5B tersebut adalah kejadian longsor yang harus ditangani dengan pembangunan jembatan.

Selain itu, diperlukan konstruksi untuk penguatan penahan agar tidak terjadi pergerakan tanah terus menerus.

BACA JUGA:Lokasi Longsor TOL CISUMDAWU Dibangun Jembatan, Menteri Basuki: Karena Gerak Terus

"Karena gerak terus, jadi bagian yang longsor kita bangun jembatan," kata Basuki usai mendampingi Presiden Joko Widodo tersebut.

Kendati menghadapi masalah serius yang menghambat penyelesaian proyek, Basuki tetap berkeinginan agar jalan tol tersebut tersambung dari Seksi 1 sampai dengan 6 sebelum Idul Fitri.

Sehingga Jalan Tol Cisumdawu dapat menjadi alternatif akses bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dari Bandung ke arah Jawa Tengah (Jateng) atau sebaliknya.

Sementara itu, lokasi longsor yang dimaksud berada di dekat Underpass Ungkal, Desa Cipelang, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: