PENAMPAKAN Terbaru Jembatan Kedondong TOL CISUMDAWU yang Sebentar Lagi Selesai

PENAMPAKAN Terbaru Jembatan Kedondong TOL CISUMDAWU yang Sebentar Lagi Selesai

Penampakan terbaru Jembatan Kedondong di Seksi 5B Tol Cisumdawu. -Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pembangunan Jembatan Kedondong di Desa Cacaban, Kecamatan Conggeang atau Seksi 5B Tol Cisumdawu mendekati selesai, pada pekan pertama Maret 2023.

Jembatan terpanjang di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tersebut hanya menyisakan 1 box lagi untuk dilakukan pengecoran pada Senin, 6, Maret 2023.

Kendati demikian, main road baik ke arah Sumedang maupun Kertajati di area Jembatan Kedondong atau masyarakat setempat mengebut Kadondong, masih belum selesai. 

Terutama badan jalan yang mengarah ke Sumedang, sepanjang kurang lebih 2 kilometer masih dalam proses pembentukan dan penebaran pasir beton.

BACA JUGA:Lokasi Longsor TOL CISUMDAWU Dibangun Jembatan, Menteri Basuki: Karena Gerak Terus

Sedangkan main road yang mengarah ke Kertajati, sebagian sudah dibeton dan menyisakan sedikit lagi dekat abutment jembatan yang masih dalam proses urugan untuk disamakan ketinggiannya.

Nampak dari urugan yang ada di ujung abutment, permukaan jalan dibuat sedikit berbeda. Sehingga nantinya jalan akan sedikit menurun selepas jembatan.

Kembali ke Jembatan Kedondong, pekerjaan saat ini berfokus pada pemasangan wire mask untuk persiapan pembetonan di 1 box yang tersisa. 

Terlihat dari pantauan visual, hampir sebagian besar pekerjaan sudah diselesaikan. Baik pembetonan lantai jembatan, concrete barrier di median dan pembatas kanan serta kiri jalan.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Gagal Diselesaikan Maret, Penerbangan Bandara Kertajati Ikut Mundur

Karenanya, dalam waktu dekat diperkirakan Jembatan Kedondong sudah selesai dan dapat digunakan. Namun, area dekat jembatan sepanjang 744 meter tersebut masih perlu waktu untuk diselesaikan.

Apalagi di dekat Underpass Ungkal yang juga masih pada area Seksi 5B, terjadi longsor dan masih dalam penanganan. Rencananya, bagian yang longsor tersebut akan dibangun jembatan.

Sedangkan area sekitar longsoran, akan dilakukan konstruksi untuk memperkuat tanah urugan agar tidak terjadi pergerakan lagi. 

"Karena terus bergerak, jadi dibangun jembatan di tempat yang longsor dan di sekitarnya diperkuat," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: