JALAN JADI JEMBATAN, Melihat Lokasi Longsor TOL CISUMDAWU di Seksi 5B yang Disorot Menteri Basuki Hadimuljono

JALAN JADI JEMBATAN, Melihat Lokasi Longsor TOL CISUMDAWU di Seksi 5B yang Disorot Menteri Basuki Hadimuljono

Jembatan Tol Cisumdawu Seksi 5B yang berada di dekat Underpass Ungkal.-Rochamedia - Diolah-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Di luar perencanaan sebelumnya, struktur urugan untuk badan jalan di Seksi 5B Tol Cisumdawu Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, bakal diubah jadi jembatan.

Keputusan pembangunan tambahan jembatan di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, dikonfirmasi oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Menurut Menteri PUPR, keputusan membangun jembatan di lokasi longsor Jalan Tol Cisumdawu Seksi 5B didasarkan pada kondisi di area tersebut yang sangat labil.

Tidak hanya itu, seluruh paket pekerjaan di Tol Cisumdawu sebenarnya sudah selesai dikerjakan. Karenanya, di area longsor yang berada di dekat Underpass Bridge Desa Ungkal itu, diputuskan dibangun jembatan.

BACA JUGA:MUNDUR LAGI! Target TOL CISUMDAWU Selesai Berubah Jadi 15 April, Tepat Sebelum Lebaran

Pantauan radarmajalengka.com di lokasi belum lama ini, kejadian longsor menjelang akhir Bulan Februari 2023 mulanya ditangani dengan urugan. Tetapi, ternyata tidak bisa membuat struktur yang stabil.

Saat wartawan mengunjungi lokasi, juga sudah dipersiapkan bore pile di lokasi longsor dan ketika itu baru terdapat 1 crane saja. Tetapi, pada perkembangan terbaru sudah terdapat 5 crane beserta 4 alat untuk bore pile.

Hanya saja, belum diketahui seperti apa desain jembatan yang akan dibangun di area tersebut. Mengingat struktur jalan pada bagian ini, dibangun dengan urugan yang cukup tinggi.

Kondisinya berbeda dengan di Desa Cacaban dan Kampung Kawungluwuk yang dibangun Jembatan Kedondong dan Jembatan Conggeang. Pada dua lokasi ini, bagian tanah yang labil tidak dilakukan pengurugan lebih dahulu.

BACA JUGA:INIKAH Lokasi Rest Area JALAN TOL CISUMDAWU yang Termegah? Ternyata Dekat dari Majalengka

Atas kejadian longsor ini, Menteri PUPR mengaku, terjadi koreksi terhadap target penyelesaian Tol Cisumdawu.

Dari semula selesi pada Februari 2023, yang kemudian bergeser menjadi Maret dan saat ini ditetapkan 15, April atau H-7 Idul Fitri.

"Kita ada perbaikan konstruksi," kata Menteri Basuki, di Bandung, yang dilansir radarmajalengka.com dari Antara, Senin, 6, Maret 2023.

Diungkapkan Basuki, kejadian longsor juga membuat terjadinya perubahan signifikan dalam konstruksi di Seksi 5B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: