SUDAH MARET Tol Cisumdawu Masih Seperti Ini, Target Dipakai Mudik Bisa Ambyar

SUDAH MARET Tol Cisumdawu Masih Seperti Ini, Target Dipakai Mudik Bisa Ambyar

Tol Cisumdawu masih belum selesai di Bulan Maret 2023.-Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Memasuki awal pekan Maret 2023, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu belum menunjukkan tanda-tanda akan selesai dalam waktu dekat.

Pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan nampak masih berhadapan dengan kondisi medan yang sulit, terutama di Seksi 4 dan 5 yang ada di Kecamatan Cimalaka, Legok, Paseh dan Conggeang.

Kondisi lahan yang menjadi trase Jalan Tol Cisumdawu berada di perbukitan, kaki gunung hingga lembah. Sehingga pada beberapa lokasi rawan longsor dan labil.

Dari pantauan visual yang dilakukan, terlihat sampai dengan awal Maret 2023 konstruksi masish berjalan di Seksi 4 dan 5 Tol Cisumdawu.

Pada konstruksi di Seksi 4 misalnya, masih terdapat pekerjaan berat untuk pembangunan Interchange Legok - Paseh berikut akses main road menuju Gerbang Tol Legok.

Area di Interchange Legok - Paseh memang sudah terbentuk dan sebagian dilakukan pengaspalan, tetapi belum tersambung ke overpass.

Beranjak ke main road yang menghubungkan sampai Gerbang Tol Legok, juga masih dalam pekerjaan berat. Sebab, dilakukan penggalian untuk pembentukan trase jalan.

Di dekat Interchange Legok - Paseh juga masih berlangsung pekerjaan bore pile untuk penguatan urugan di badan jalan.

Bergeser ke Seksi 5A Tol Cisumdawu, di area ini masih berlangsung urugan untuk badan jalan di STA 40+200 sampai dengan STA40+400 yang teradapat bagian tanah labil.

Proses urugan membutuhkan setidaknya 80 ribu meter kubik material sirtu dan prosesnya berlanjut ke pembentukan main road untuk selanjutkan dilakukan pembetonan.

Kondisi serupa juga terjadi setelah Underpass Cibereuyeuh yang terdapat main road dalam kondisi belum dibeton dan masih tahap pembentukan.

Main road yang belum dibeton itu, diantara Underpass Cibereuyeuh sampai dengan Underpass Buahdua. Selanjutnya sudah dibeton sampai ke Jembatan Conggeang.

Memasuki jembatan yang baru disebut di atas, juga masih dalam proses pengerjaan untuk pemasangan balok girder ke pier head.

Bergeser 2 kilometer ke arah Kertajati atau di wilayah Seksi 5B Tol Cisumdawu, terdapat Jembatan Kedondong yang dalam proses pembetonan lantai jembatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: