H-1 Target TOL CISUMDAWU, Gagal Tersambung ke Majalengka di Akhir Februari 2023

H-1 Target TOL CISUMDAWU, Gagal Tersambung ke Majalengka di Akhir Februari 2023

Target Tol Cisumdawu selesai akhir Februari 2023 gagal tercapai. -Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - H-1 target Tol Cisumdawu tersambung ke Majalengka pada akhir Februari 2023 dipastikan gagal karena masih adanya konstruksi jalan yang belum selesai. 

Dari pantauan visual, Seksi 5 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang berada di Kecamatan Conggeang, sebagian bahkan masih belum dilakukan pembetonan akses main road.

Area yang belum dilakukan pembetonan diantaranya ada diantara Underpass Cipatat dan Underpass Cibodas. Di area ini, masih dilakukan pembentukan trase main road menggunakan alat berat. 

Akses main road lainnya yang juga belom dibeton adalah di Dusun Sawah Pasir Kodok, Desa Cipamekar dan di sekitar Desa Bongkok. 

BACA JUGA:Gerbang Tol Pasir Malati, Usul Tambahan Exit TOL CISUMDAWU ke Kabupaten Majalengka

Karenanya, main road di Seksi 5 sepanjang 14,90 kilometer masih terputus-putus dari sisi pembetonan. Termasuk akses jalan di sekitar jembatan. 

Misalnya di dekat Jembatan Parigi atau Conggeang, akses main road di sebelum dan sesudah jembatan tersebut belum dilakukan pengecoran. Sebab, harus menyesuaikan dengan ketinggian jembatan. 

Pekerjaan rumah lainnya di Seksi 5 adalah pembangunan Jembatan Conggeang sepanjang 636 meter. Saat ini, masih terdapat 4-5 pier head yang belum terpasang balok girder. 

Meski demikian, dibandingkan progres pada pekan lalu, nampak sudah ada perkembangan signifikan di ruas ini. Tentu saja, diharapkan dapat selesai Maret 2023 dan digunakan untuk mudik dan arus balik.

BACA JUGA:WOW! Camat Dawuan Usul Pintu Tol Cisumdawu ke Majalengka Ditambah, Namanya Pasir Malati

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Citra Karya Jabar Tol, Jusuf Hamka juga berharap agar Jalan Tol Cisumdawu dapat selesai sesuai dengan jadwal dan dipakai arus mudik juga arus balik. 

"Mohon doanya agar Jalan Tol Cisumdawu beres akhir bulan ini, sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mudik. Insya Allah qobul," kata Jusuf Hamka, belum lama ini. 

Target Tol Cisumdawu selesai pada akhir Februari 2023 diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Menteri PUPR menginginkan agar Jalan Tol Cisumdawu selesai dan tersambung ke Majalengka pada akhir bulan ini. Bahkan, diharapkan dapat beroperasi secara fungsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: