WOW! Camat Dawuan Usul Pintu Tol Cisumdawu ke Majalengka Ditambah, Namanya Pasir Malati

WOW! Camat Dawuan Usul Pintu Tol Cisumdawu ke Majalengka Ditambah, Namanya Pasir Malati

Camat Dawuan mengusulkan Gerbang Tol Pasir Malati Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka yang tersambung ke Tol Cisumdawu. -Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Camat Dawuan, Uju Gustawan SE mengusulkan agar pintu Tol Cisumdawu ke Kabupaten MAJALENGKA ditambah. 

Apalagi, nama kecamatan yang merupakan ujung dari Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, aslinya memang tidak sampai ke wilayah Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka. 

Jalan Tol Cisumdawu berakhir di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama, Desa Sakurjaya, Kabupaten Sumedang. Sedangkan Junction Dawuan atau simpang susun yang terhubung ke Tol Cipali, juga berada di wilayah Kecamatan Kertajati.

"Ada baiknya jika pemerintah juga membuka pintu tol baru di wilayah Dawuan," kata Uju, saat ditemui radarmajalengka.com di kantornya. 

BACA JUGA:Pool Travel Bandung Majalengka Nyaman dan Murah, Sudah Ada yang Lewat Tol Cisumdawu

Uju menambahkan, keberadaan pintu tol baru ke Dawuan, semata-mata memudahkan akses masyarakat, baik menuju Bandung dan Jakarta.

Pasalnya berdasarkan laporan yang masuk ke kantornya, tidak sedikit penumpang atau bus yang kerap melakukan aksi bongkar muat penumpang di tengah jalan di ruas tol di wilayah Dawuan.

"Ini laporan yang sering saya terima. Berarti masyarakat kan butuh akses keluar tol di sekitar Dawuan ini," katanya.

Kendati demikian, dirinya memahami penambahan pintu tol dari Jalan Tol Cisumdawu menjadi kewenangan penuh pihak Satuan Kerja (Satker) pembangunan tol tersebut.

BACA JUGA:SABAR! Tol Cisumdawu Batal Tersambung ke Majalengka Bulan Ini, Hanya Tersisa 2 Hari Lagi

Termasuk jika nantinya pihak Satker ingin merubah nama Pintu Tol Cisumdawu di Kabupaten Majalengka, dengan nama lain, misalnya menjadi Pintu Tol Kertajati atau Dawuan dan lainya, hal itu tentunya menjadi wewenang mereka.

“Kalau usul dari kami, ada baiknya jika pemerintah bisa membuka akses pintu tol baru di wilayah Dawuan ini," katanya. 

Terkait usulan lokasi yang paling tepat untuk akses gerbang tol tersebut, berada di wilayah Desa Pasir Malati, yang geografisnya berada di pinggir ruas Tol Cipali maupun Cisumdawu.

Akses Desa Pasir Malati ini, sangat strategis dan bisa menjadi titik pertemuan akses Tol Cisumdawu dan Cipali. Sehingga hal itu akan memberikan kemudahan akses kepada masyarakat, baik yang akan ke Bandung, Jakarta maupun ke wilayah lainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: