6 HARI LAGI Target TOL CISUMDAWU Beroperasi, Seksi 5 Masih Jauh dari Selesai, Seksi 4 dan 6 Dibuka Lebih Dulu?

6 HARI LAGI Target TOL CISUMDAWU Beroperasi, Seksi 5 Masih Jauh dari Selesai, Seksi 4 dan 6 Dibuka Lebih Dulu?

Progres Tol Cisumdawu jelang target beroperasi pada akhir Februari 2023.-Rochamedia/Youtube-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono memberi target agar Tol Cisumdawu beroperasi fungsional di akhir bulan Februari 2023 atau menyisakan 6 hari lagi.

Kendati tersisa 6 hari lagi target Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan selesai dan beroperasi fungsional, ternyata masih ada pekerjaan konstruksi yang sepertinya tidak terkejar.

Kondisi terberat pekerjaan konstruksi itu, ada di Seksi 5A dan 5B Jalan Tol Cisumdawu yakni di Kecamatan Conggeang, Legok dan Ujung Jaya Kabupaten Sumedang.

Sedangkan di Seksi 4 Tol Cisumdawu, pekerjaan nampak sudah mendekati selesai. Bahkan sudah dilakukan pemasangan rangka besi untuk pembetonan median jalan.

BACA JUGA:ISI SALDO: Tarif Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Segera Diberlakukan, Segera Cek Daftar Rincian di Sini

Melihat progres terkini pembangunan jalan tol penghubung Bandung dengan Kertajati, Majalengka itu, sepertinya target beroperrasi fungsional paling realistis hanya bisa untuk Seksi 4 dan 6.

Bila hanya kedua ruas tersebut yang dibuka, pengendara masih harus bercampur dengan jalur arteri untuk perjalanan Majalengka ke Bandung dan sebaliknya.

Yakni, keluar dari Gerbang Tol Ujung Jaya di Desa Cibuluh dan Sakurjaya via Interchange Ujung Jaya. Kemudian berlanjut ke jalur arteri Jalan Raya Cirebon Bandung.

Baru masuk lagi ke akses tol dari Kecamatan Legok atau Seksi 4 Tol Cisumdawu yang sudah terhubung penuh ke Cileunyi.

BACA JUGA:POTRET Jembatan Kedondong, Terpanjang di TOL CISUMDAWU, Melintasi Lembah Dekat Majalengka

Tanpa Seksi 5, akses jalan tol sepanjang 62,60 kilometer itu, hanya kurang 14,9 kilometer lagi yang belum selesai.

Berdasarkan pantauan visual dari arah Kertajati atau Seksi 6 menuju ke Bandung, nampak ada akses main road yang belum selesai dikerjakan di Seksi 5B.

Yakni main road di perbatasan Seksi 5B dan Seksi 6A yang ada di sekitar Cipelang. Akses jalan yang belum dibeton tersebut berlanjut sampai ke Jembatan Kedondong.

Berikutnya, setelah Jembatan Kedondong juga masih ada trase jalan yang baru dilakukan pembetukan untuk kemudian dilakukan pembetonan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: