MELIHAT Ujung TOL CISUMDAWU yang Katanya Dawuan Majalengka, Padahal Kertajati

MELIHAT Ujung TOL CISUMDAWU yang Katanya Dawuan Majalengka, Padahal Kertajati

Bagian ujung Tol Cisumdawu yang berakhir di Km 152 Tol Cipali yang Simpang Susun atau Junction Dawuan, Majalengka.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Penamaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu terlanjur digunakan sejak dibangun pada tahun 2011 atau saat peletakan batu pertama.

Sebab, Jalan Tol Cisumdawu ini, sebenarnya tidak sampai ke Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka. Titik akhirnya justru berada di Kabupaten Sumedang, yakni Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya.

Titik akhir Tol Cisumdawu yakni Gerbang Tol Otomatis (GTO) Ujung Jaya Utama, kemudian disambungkan ke Junction Dawuan atau Simpang Susun yang terkoneksi ke Jalan Tol Cikopo Palimanan atau Cipali Kilometer 152.

Simpang susun tersebut merupakan penghubung lalu lintas dari Tol Cipali ke Tol Cisumdawu dan sebaliknya. Menariknya, Simpang Susun tersebut diberi nama Dawuan, padahal ada di wilayah Kecamatan Kertajati.

BACA JUGA:POTRET Jembatan Kedondong, Terpanjang di TOL CISUMDAWU, Melintasi Lembah Dekat Majalengka

Saat ini, pekerjaan di Seksi 6A dan 6B Tol Cisumdawu memang sudah tuntas, termasuk akses penghubung yakni Junction Dawuan.

Keberadaan simpang susun ini, besar kemungkinan hasil perubahan trase jalan yang dilakukan dari hasil evaluasi Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), pada tahun 2017.

Karena terlanjut menggunakan nama Cisumdawu, sehingga diberikan nama Junction Dawuan meski sebenarnya berada di Kecamatan Kertajati.

Dari pantauan visual, Junction Dawuan ini sudah jadi dan bisa dilintasi kendaraan. Bahkan Seksi 6 Tol Cisumdawu yang terkoneksi ke Seksi 5 sudah bisa dilintasi kendaraan.

BACA JUGA:POTRET Jembatan Setinggi Gedung 8 Lantai yang Bikin JALAN TOL CISUMDAWU Telat Selesai, Ada di Dekat Majalengka

Pekerjaan konstruksi Tol Cisumdawu kini hanya tersisa di Seksi 4 dan 5, sehingga bila kedua lokasi ini selesai, akses jalan tol penghubung Bandung dengan Majalengka tersebut dapat dioperasikan secara fungsional.

Melihat dari dekat Junction Dawuan, memiliki 2 jalan layang yang menjadi akses keluar masuk dari Tol Cisumdawu.

Ruas pertama adalah akses masuk dari Km 152 arah Jakarta ke Tol Cisumdawu yang dibuat naik ke atas atau fly over.

Kemudian akses keluar ke arah Jakarta dari arah GTO Ujung Jaya Utama. Dua lajur lainnya adalah akses keluar dari Tol Cisumdawu ke arah cirebon yang juga melintasi fly over.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: