TOL CISUMDAWU akan Diresmikan Presiden Jokowi Bareng dengan Masjid Al Jabbar, Tapi Belum Selesai

TOL CISUMDAWU akan Diresmikan Presiden Jokowi Bareng dengan Masjid Al Jabbar, Tapi Belum Selesai

Dokumen foto saat Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas PSN Jalan Tol Trans Sumatera dan Tol Cisumdawu. Presiden Jokowi dikabarkan akan hadir saat Tol Cisumdawu diresmikan akhir Februari 2023.-Kris/Setkab RI-radarmajalengka.com

BACA JUGA:Terbaru di 2023, 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Majalengka dan Harga Tiket

Tol Cisumdawu Sudah Siap Diresmikan?

Sementara itu, dari pantauan visual nampak masih terdapat pekerjaan berat yang tidak memungkinkan selsai pada akhir bulan nanti. 

Apalagi, ada umur minimal beton untuk dapat digunakan. Karenanya, kemungkinan besar baru Seksi 4 yang dapat beroperasi fungsional pada akhir Februari 2023.

Sementara untuk Seksi 5 Tol Cisumdawu kemungkinan baru selesai pada Maret 2023. Atau menjelang pelaksanaan arus mudik Lebaran nanti.

Pekerjaan di Seksi 5A dan 5B memang cukup berat, karena melibatkan 2 jembatan yang cukup panjang. Yakni Jembatan Conggeang sepanjang 636 meter dan Jembatan Kedondong 744 meter.

BACA JUGA:ANEH! Tol Cisumdawu Tidak Sampai Dawuan Majalengka, Tapi Cuma Sampai Ujung Jaya Sumedang

Belum lagi kondisi lapisan tanah yang labil di Desa Cipamekar. Sehingga perlu penanganan konstruksi khusus. 

Pada publikasi video dari Kementerian PUPR, terlihat akses main road yang masih terputus di Seksi 4A dan 4B. Di antaranya dekat dengan Jembatan Cikondang. 

Juga masih ada pekerjaan penguatan di badan jalan, pada lokasi yang rawan dengan longsoran. Penguatan tebing di kanan kiri jalan tol juga masih dilakukan. 

Kondisi serupa juga terjadi di Seksi 5A Tol Cisumdawu. Sebagian akses main road masih terputus di daerah Cipamekar. Kemudian di dekat Jembatan Conggeang.

BACA JUGA:SEPI! Kondisi Jalan Cadas Pangeran Pasca TOL CISUMDAWU Beroperasi, Diusulkan Jadi Tempat Wisata

Lanjut ke Seksi 5B kondisi main road yang terputus ada di dekat Jembatan Kedondong dan perbatasan dengan Seksi 6A Ujung Jaya. 

Pembangunan Tol Cisumdawu menyisakan pekerjaan konstruksi di Seksi 4 dan 5 yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka, Legok, Conggeang dan sebagian Ujung Jaya. 

Sedangkan di Seksi 6A dan 6B yang berada di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang, pembangunan sudah selesai dan siap dilintasi kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: