4 Fakta TOL CISUMDAWU Tidak Lewat Majalengka, Gerbang Tol Diborong Sumedang

4 Fakta TOL CISUMDAWU Tidak Lewat Majalengka, Gerbang Tol Diborong Sumedang

Tol Cisumdawu yang tidak lewat Kabupaten Majalengka, titik akhir yang berada di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama, Kabupaten Sumedang.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Berikut ini adalah 4 fakta terkait Tol Cisumdawu yang ternyata tidak lewat wilayah Kabupaten MAJALENGKA dan seluruh ruas jalannya justru berada di Sumedang.

Mulai dari Seksi 1 sampai dengan 6 akses Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, seluruhnya ada di Kabupaten Bandung dan Sumedang yakni mulai dari Cileunyi sampai dengan Ujung Jaya.

GTO Cileunyi yang merupakan akses masuk Tol Cisumdawu dari arah Bandung berada di wilayah Kabupaten Bandung dan masuk ke dalam seksi 1.

Sedangkan GTO Ujung Jaya Utama yang merupakan akses keluar, ada di wilayah Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:12 Hari Lagi Harus Jadi, Kondisi TOL CISUMDAWU di Tempat Ini Belum Berbentuk Jalan

Lalu di mana wilayah Majalengka yang dilewati Tol Cisumdawu? Ternyata di trase main road memang tidak ada. Tetapi, akses keluar dari Tol Cisumdawu tersebut langsung ke wilayah Majalengka.

Koneksi Kabupaten Majalengka dengan Tol Cisumdawu dihubungkan lewat Junction Dawuan atau simpang susun yang berada di kilometer 152 Tol Cikopo Palimanan. 

Berikut adalah 4 fakta menarik terkait Tol Cisumdawu yang sesungguhnya tidak lewat wilayah Majalengka:

1. Junction Dawuan

Meski menggunakan Dawuan, lokasi junction atau simpang susun yang ada di Km 152 Tol Cipali ternyata berada di wilayah Kecamatan Kertajati.

BACA JUGA:12 Hari Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi Fungsional, Tapi di Lapangan Masih Begini

Kemungkinan penggunaan nama Junction Dawuan sebatas untuk tetap mempertahankan nama jalan tol yakni Cileunyi Sumedang Dawuan.

Padahal, kenyataannya akses tol ini tidak berakhir di wilayah Kecamatan Dawuan. Justru titik akhirnya ada di Desa Sakurjaya, Sumedang.

Bila melihat jalur tol yang ada di Kabupaten Majalengka, Junction Dawuan justru ada di Km 152 Tol Cipali. Kemudian ada Gerbang Tol Kertajati Utama yang ada di Km 158.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: