4 Fakta TOL CISUMDAWU Tidak Lewat Majalengka, Gerbang Tol Diborong Sumedang

4 Fakta TOL CISUMDAWU Tidak Lewat Majalengka, Gerbang Tol Diborong Sumedang

Tol Cisumdawu yang tidak lewat Kabupaten Majalengka, titik akhir yang berada di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama, Kabupaten Sumedang.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

Sedangkan Kecamatan Dawuan justru ada di Km 162 Tol Cipali, atau hampir 10 kilometer dari Junction Dawuan.

BACA JUGA:BARU NIH! Travel Bandung Majalengka via TOL CISUMDAWU, Bisa ke Bandara Kertajati

2. Titik Akhir di GTO Ujung Jaya

Meski bernama Cileunyi Sumedang Dawuan, titik akhir dari Tol Cisumdawu justru adalah Gerbang Tol Ujung Jaya Utama yang ada di wilayah Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang. 

Setelah itu, tersambung dengan akses main road ke simpang susun Dawuan, yang juga ternyata bukan berada di Kecamatan Dawuan.

3. Pintu Tol Diborong Sumedang

Akses pintu Tol Cisumdawu atau exit toll, seluruhnya diborong oleh Kabupaten Sumedang. Bahkan ada satu lagi yang sedang dibangun yakni GTO Paseh beserta dengan interchange.

Saat ini terdapat 6 pintu Tol Cisumdawu yakni, Cileunyi, Jatinangor, Pamulihan, Sumedang, Cimalaka, Paseh dan Ujung Jaya Utama.

BACA JUGA:WAJIB TAHU! Siapa Pemilik Tol Cisumdawu? Yuk Kenalan dengan Jusuf Hamka Konglomerat yang Rendah Hati

4. Penghubung Bandung ke Majalengka

Meski tidak ada wilayah Kabupaten Majalengka yang dilewati oleh Tol Cisumdawu, tetapi sesungguhnya tol ini memang dibangun untuk meningkatkan konektivitas antara Cirebon, Majalengka dengan Sumedang dan Bandung.

Bahkan saat mulai dibangun pada tahun 2011, salah satu tujuan dari jalan tol ini adalah menghubungkan dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Namun, target Tol Cisumdawu selesai pada tahun 2016 rupanya gagal terpenuhi, karena beragam faktor. Terutama terkait dengan masalah pembebasan lahan yang terus tertunda.

Demikian 4 fakta terkait Tol Cisumdawu yang ternyata akses jalannya tidak lewat Kabupaten Majalengka, melainkan seluruhnya ada di wilayah Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: