TERNYATA! Tol Cisumdawu Tidak Sampai Majalengka, Hanya Pinjam Nama Dawuan

TERNYATA! Tol Cisumdawu Tidak Sampai Majalengka, Hanya Pinjam Nama Dawuan

Tol Cisumdawu sesungguhnya tidak sampai ke Majalengka, karena GTO Ujung Jaya ada di Kabupaten Sumedang. Sedangkan pehubung ke Majalengka adalah Junction Dawuan yang ada di wilayah Kecamatan Kertajati.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu ternyata tidak sampai ke Kabupaten MAJALENGKA. Bahkan, nama Dawuan pun hanya dipinjam karena aslinya memang tidak sampai Kecamatan Dawuan.

Dilihat dari kondisi eksisting, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sesungguhnya hanya sampai Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang.

Dari Gerbang Tol Ujung Jaya Utama yang merupakan titik akhir Tol Cisumdawu, masih beberapa kilometer lagi ke Kecamatan Dawuan, yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka.

Karenanya, nama Dawuan boleh jadi hanya 'dipinjam' untuk penamaan jalan tol penghubung Bandung ke Majalengka tersebut.

BACA JUGA:12 Hari Lagi Harus Jadi, Kondisi TOL CISUMDAWU di Tempat Ini Belum Berbentuk Jalan

Dilihat dari peta trase jalan tol, main road Tol Cisumdawu bermula di GTO Cileunyi dan berakhir di GTO Ujung Jaya Utama

Jalan tol dengan panjang 62,60 kilometer tersebut, seluruhnya berada di wilayah Kabupaten Sumedang. Mulai dari Seksi 1 sampai dengan Seksi 6.

Adapun penggunaan nama Dawuan, besar kemungkinan karena perencanaan awal yang kemudian berubah. Sehingga trase jalan pun ikut berubah dan berakhir di Desa Sakurjaya.

Karenanya, setelah jalan tol tersebut berakhir di GTO Ujung Jaya, dibuatlah simpang susun yang diberi nama Dawuan agar yakni Junction Dawuan yang berada di Km 152 Tol Cikopo Palimanan.

BACA JUGA:12 Hari Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi Fungsional, Tapi di Lapangan Masih Begini

Apakah daerah tersebut dekat dengan Dawuan? Ternyata tidak juga. Km 152 Tol Cikopo Palimanan, justru ada di Desa Palasah, Kecamatan Kertajati. Setelah itu, barulah ada Gerbang Tol Kertajati Utama di Km 158.

Lalu, di mana Dawuan? Ternyata Dawuan baru ada di Km 164 Tol Cipali. Meski demikian, tetap saja akses tersebut memberikan konektivitas bagi Majalengka dengan daerah sekitarnya.

Meski Kabupaten Majalengka tidak punya satu pun pintu tol, tetapi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, tetap menghubungkan Majalengka dengan Bandung maupun sebaliknya.

Bahkan, Tol Cisumdawu tersambung dengan Jalan Tol Cikopo - Palimanan, sehingga dapat memudahkan akses bagi masyarakat untuk menuju ke Kabupaten Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: