AKHIRNYA Tol Cisumdawu Selesai, Majalengka dan Cirebon Siap-siap Kebanjiran Tamu

AKHIRNYA Tol Cisumdawu Selesai, Majalengka dan Cirebon Siap-siap Kebanjiran Tamu

Tol Cisumdawu akan selesai pada Februari 2023 dan tersambung dengan Cirebon maupun Majalengka. -Kementerian PUPR-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Akhirnya Tol Cisumdawu selesai dalam waktu dekat. Proyek senilai Rp5,5 triliun tersebut, tinggal menunggu tersambung di Seksi 5 Legok-Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang.

Fokus pekerjaan Tol Cisumdawu saat ini memang berada di Seksi 5A dan 5B sepanjang 14,90 kilometer. Sementara di Seksi 4A dan 4B relatif sudah menggembirakan perkembangannya.

Diperkirakan dalam beberapa waktu ke depan, pekerjaan sudah tuntas seluruhnya dan dapat beroperasi secara fungsional untuk menghubungkan Bandung dengan Majalengka.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa keberadaan akses tol tersebut tidak hanya menguntungkan Kabupaten Majalengka. Tetapi juga wilayah di sekitarnya, termasuk Kota Cirebon.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Tol Terindah di Indonesia Februari Jadi, Warga Bandung, Majalengka dan Cirebon Siap-siap

Apalagi, kata Kang Emil, Cirebon memiliki beragam pilihan wisata kuliner, sejarah, budaya hingga lainnya. Juga banyak terdapat pilihan hotel.

Karena itu, wilayah Cirebon juga harus bersiap dengan mengembangkan ekonomi kreatif, pariwisata dan budaya untuk menyambut peluang tersebut. 

"Bandung ke Cirebon nanti hanya 1 jam saja, karena tidak harus memutar ke Tol Cipali yang butuh waktu 3 jam atau ke jalur lama Sumedang 4 jam," katanya. 

Diperkirakan, keberadaan akses jalan tol akan semakin meningkatkan kunjungan wisata ke Cirebon. Apalagi tren-nya semakin meningkat dalam 2 tahun terakhir.

BACA JUGA:17 HARI LAGI Tol Terindah di Indonesia Jadi, Bandung ke Majalengka Kian Dekat

Pada tahun 2021, berdasarkan data Disparbud jumlah wisatawan yang berkunjung ke Cirebon mencapai 3.669.195 orang. Kemudian di tahun 2022 meningkat menjadi sepanjang 2022 sebanyak 3.947.500 juta kunjungan. 

Dari jumlah kunjungan wisata yang hampir mencapai 4 juta orang tersebut, mayoritas berasal dari Jakarta dan Bandung. Juga wilayah lain di Bodebek. 

Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Majalengka di tahun 2020 mencapai 375.000 dan di tahun 2021 mencapai 472.906.

Karenanya, beroperasinya Tol Cisumdawu akan menghadirkan peluang datangnya wisatawan dari luar kota yang semakin banyak, seiring akses semakin mudah dan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: