17 HARI LAGI Tol Terindah di Indonesia Jadi, Bandung ke Majalengka Kian Dekat

17 HARI LAGI Tol Terindah di Indonesia Jadi, Bandung ke Majalengka Kian Dekat

Tol terindah di Indonesia yakni Tol Cisumdawu ditarget selesai akhir Februari 2023.-BPJT-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol terindah di Indonesia sebentar lagi jadi, kurang lebih 17 hari lagi sesuai target Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Julukan tol terindah di Indonesia itu, diberikan karena lintasan dan bentang alam yang dilintasi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan. 

Ada pemandangan Gunung Manglayang, Gunung Tampomas hingga Ciremai. Belum lagi pesona dataran tinggi Kabupaten Sumedang juga areal persawahan.

Selain indah, Jalan Tol Cisumdawu juga melalui medan yang menantang karena sebagian besar berada di daerah dataran tinggi. 

BACA JUGA:17 HARI LAGI Tol Cisumdawu Selesai, BIJB Kertajati Jadi Buka Penerbangan? Begini Kata Pihak Bandara

Terkait penyelesaian Tol Cisumdawu tersebut, diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Menurutnya, saat ini pembangungan hanya menyisakan Seksi 4 dan 5.

“Selambatnya bulan Maret 2023 semua seksi ditargetkan selesai," kata Menteri Basuki, dikutip dari publikasi PUPR Jalan DKI Jabar, Sabtu, 11, Februari 2023.

Basuki menegaskan, kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) segera menyelesaikan pekerjaan, terutama untuk Seksi 4 Cimalaka-Legok (8,2 km) dan Seksi 5A & 5B Legok-Ujung Jaya (14,9 km).

"Seksi 4 sudah bagus, nanti akan ada taman. Bentang alam seperti batuan di lereng agar dibiarkan. Diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” kata Menteri Basuki saat meninjau Jalan Tol Cisumdawu di Jawa Barat, Jumat, 10, Februari 2023.

BACA JUGA:Menteri Basuki Kasih Deadline Akhir Februari Tol Cisumdawu Nyambung ke Majalengka: Selambat-lambatnya...

Pada kunjungannya ke tol Cisumdawu, Menteri Basuki juga meminta kontraktor pelaksana untuk bekerja keras menyelesaikan pembangunan dengan memperhatikan kerapian dan manajemen waktu supaya target selesai dapat tercapai pada bulan Maret 2023. 

Jalan Tol Cisumdawu berperan penting untuk mendukung konektivitas, pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan, dan membuka peluang usaha baru di Jawa Barat, khususnya dari Bandung menuju Kertajati dan Cirebon.

Setelah melihat Tol Cisumdawu di Seksi 4, Menteri Basuki mengaku yakin bahwa pada akhir bulan ini, jalan tol penghubung antara Bandung dengan Majalengka dapat beroperasi secara fungsional. 

Tentunya hal itu menjadi kabar baik, karena beroperasinya Tol Cisumdawu akan diikuti dengan dibukanya kembali Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: