ALHAMDULILLAH, Tol Terindah di Indonesia Februari Jadi, Warga Bandung, Majalengka dan Cirebon Siap-siap

ALHAMDULILLAH, Tol Terindah di Indonesia Februari Jadi, Warga Bandung, Majalengka dan Cirebon Siap-siap

Tol terindah di Indonesia atau Tol Cisumdawu sebentar lagi selesai dan tersambung ke Majalengka. -BPJT-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cisumdawu berjuluk Tol terindah di Indonesia, karena pemandangan dan alam sepanjang lintasannya.

Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau sering disebut Cisumdawu menghubungkan Cileunyi di Kabupaten Bandung ke Kertajati, di Kabupaten Majalengka.

Akses tol ini, terdiri dari 6 seksi yang dikerjakan pemerintah dengan badan usaha. Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah. Sementara seksi 3 sampai 6 dikerjakan badan usaha jalan tol (BUJT). 

Sebagai pemenang konsesi adalah konsorsium PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), di mana perusahaan milik konglomerat Jusuf Hamka menjadi pemegang saham mayoritas.

BACA JUGA:17 HARI LAGI Tol Terindah di Indonesia Jadi, Bandung ke Majalengka Kian Dekat

Pembangunan akses tol ini, menelan biaya mencapai Rp 5,5 triliun untuk jalan bebas hambatan sepanjang 62,60 kilometer termasuk pekerjaan Junction Dawuan yang menghubungkan ke Tol Cikopo Palimanan atau Cipali. 

Ruas tol ini terdiri dari Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,45 km) telah beroperasi sejak Januari 2022. Dilanjutkan dengan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (4,8 km) dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km) yang sudah beroperasi pada Desember 2022. 

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, akses Tol Bandung Kertajati rencananya akan digunakan untuk lalu lintas mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Karenanya, diharapkan pekerjaan tol tersebut dapat selesai pada akhir Februari atau awal Maret nanti. Untuk kemudian beroperasi secara fungsional. 

BACA JUGA:17 HARI LAGI Tol Cisumdawu Selesai, BIJB Kertajati Jadi Buka Penerbangan? Begini Kata Pihak Bandara

Namun, tidak hanya itu, keberadaan tol tersebut juga punya peranan penting untuk akses penghubung transportasi, ekonomi maupun pengembangan wilayah. 

"Kita berharap setelah terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Hedy. 

Tidak hanya itu, akses tol juga akan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat khususnya konektivitas dari Bandung menuju ke Kertajati.

Sementara itu, VP Corporate Secretary and General Administration PT BIJB, Dian Nurrahman mengatakan, dari komunikasi yang dilakukan dengan pihak maskapai, mereka memang masih menunggu kepastian dari Tol Cisumdawu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: