Menteri Basuki Yakin TOL CISUMDAWU Nyambung ke Majalengka Akhir Februari, Simak Kata-katanya

Menteri Basuki Yakin TOL CISUMDAWU Nyambung ke Majalengka Akhir Februari, Simak Kata-katanya

Pembangunan Tol Cisumdawu ditargetkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono selesai akhir Februari 2023 dan tersambung ke Majalengka. -Mr Amar/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yakin Jalan Tol Cisumdawu selesai pada akhir Februari 2023 dan nyambung sampai ke Majalengka

Keyakinan Menteri PUPR tersebut, setelah melakukan kunjungan ke Seksi 4 Tol Cisumdawu di Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Menurut Menteri PUPR, perlu manajemen waktu agar jalan tol tersebut selesai sesuai dengan target dan beroperasi secara fungsional pada akhir Februari nanti.

Artinya, pembangunan jalan tol ini hanya menyisakan waktu 17 hari lagi. Meski di lapangan nampak masih banyak pekerjaan berat yang dilaksanakan, salah satunya jembatan. 

BACA JUGA:Saat Menteri Basuki Lihat TOL CISUMDAWU: Tolong Manajemen Waktunya Diatur

Salah satu pekerjaan terberat adalah penyelesaian Jembatan Conggeang sepanjang 636 meter dan Jembatan Kedondong sepanjang 743,5 meter. 

Kemudian penyelesaian main road yang berada di seksi 5 dan menghubungkan ke Seksi 6, yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang dan Majalengka sekaligus titik akhir. 

Seksi 4 Tol Cisumdawu tersebut sepanjang 8,20 kilometer dan seksi 5 sepanjang 14,90 kilometer. Namun di seksi 4 pekerjaan sebagian besar sudah selesai. Praktis saat ini yang tersisa hanya di seksi 5.

ada beberapa catatan yang disampaikan Menteri PUPR. Terutama soal manajemen waktu agar tol tersebut selesai sesuai target yakni akhir Februari.

BACA JUGA:AMBISIUS! Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Target Selesai 2024, Sekarang Belum Apa-apa

“Tolong manajemen waktunya ini diatur supaya lebih cepat selesai," kata Menteri Basuki saat berkunjung ke Tol Cisumdawu pada Jumat, 10, Februari 2023 dan keterangannya dilansir dari Kantor Berita Antara. 

Khusus untuk seksi 4, Basuki meminta agar taman yang dibangun memperhatikan estetika. Kemudian mempertahankan beberapa hal terkait unsur geologis. Sehingga tetap terlihat terutama batuan dan lereng.

"Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” tandasnya.

Basuki kembali menyatakan bahwa dirinya yakin pada akhir Februari, Tol Cisumdawu sudah beroperasi secara fungsional. Sehingga bisa digunakan oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: