TOL CISUMDAWU untuk Mudik, Seksi 4 dan 5 Dikebut, Belum Ada Rest Area

TOL CISUMDAWU untuk Mudik, Seksi 4 dan 5 Dikebut, Belum Ada Rest Area

Jalan Tol Cisumdawu di Seksi 4 dan 5 saat ini sedang dikebut agar dapat digunakan saat mudik dan arus balik, meski belum ada rest area.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi untuk mudik dan arus balik Idul Fitri 2023 dan dikabarkan mulai dibuka pada Maret nanti.

Kendati demikian, dipastikan belum ada rest area saat awal Tol Cisumdawu beroperasi pada 1 bulan mendatang, karena pekerjaan yang belum selesai.

Saat ini, pekerjaan di Tol Cisumdawu berfokus pada penyelesaian di Seksi 4 dan 5 yang berada di wilayah Kecamatan Cimalaka dan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Progres pembangunan Rest Area Tol Cisumdawu menurut PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), baru ada di kisaran 6 persen pekerjaannya.

BACA JUGA:Mudik Lebaran Lewat Tol Cisumdawu, Waspada Belum Ada Rest Area, Isi BBM Full Dulu

Karena itu, dipastikan rest area tidak akan selesai pada saat Tol Cisumdawu beroperasi untuk fase awal pada Maret 2023.

Rencananya, rest area akan dibangun sebanyak 4 buah, dengan masing-masing 2 di sisi Bandung arah Cirebon dan sebaliknya.

Sebanyak 2 rest area akan dibangun oleh PT CKJT dengan posisi berseberangan dan menggunakan lahan 15 hektare di sekitar Conggeang.

Berikutnya, 1 rest area akan dibangun oleh investor dan 1 lagi kabarnya dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:BUKAN MISTIS, Ini 4 Hal Aneh di Tol Cisumdawu, Ada Jalan yang Tidak Bisa Dibeton Langsung

Kendati demikian, untuk 2 rest area yang dibangun Pemkab Sumedang dan investor belum diketahui akan ditempatkan di area mana saja.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan, berdasarkan laporan dari Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), 1 bulan ke depan atau Maret 2023 Tol Cisumdawu sudah bisa dibuka.

Setelah Tol Cisumdawu dibuka, Kang Emil berharap agar langsung dapat memberikan dampak ekonomi bagi wilayah Cirebon dan sekitarnya.

"Cisumdawu akan segera dibuka, 1 bulan lagi dari laporan Pak Menteri," kata Kang Emil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: