TOL CISUMDAWU untuk Mudik, Seksi 4 dan 5 Dikebut, Belum Ada Rest Area

TOL CISUMDAWU untuk Mudik, Seksi 4 dan 5 Dikebut, Belum Ada Rest Area

Jalan Tol Cisumdawu di Seksi 4 dan 5 saat ini sedang dikebut agar dapat digunakan saat mudik dan arus balik, meski belum ada rest area.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:Bagian Tersulit Tol Cisumdawu, Jalan Belum Dibuat, Masih Penggalian Tanah, Yakin Maret Selesai?

Kang Emil menambahkan, setelah Tol Cisumdawu dibuka tentunya Bandara Kertajati akan aktif, dan untuk awal pembukaan ini, Cirebon yang akan mendapatkan keuntungan.

"Orang Cirebon kalau ke Bandung cukup 1 jam. Tidak usah 3 jam lagi muter lewat Cipali atau 6 jam lewat jalur lama ke Sumedang. Sehingga ini pasti akan meningkatkan ekonomi," katanya.

Tol Cisumdawu Dipakai Mudik

Sementara itu, kemungkinan Tol Cisumdawu beroperasi untuk mudik disampaikan Dirjen Bina Marga, Hedy Rahadian saat melakukan pemantauan kesiapan Jalur Pantura Cirebon.

Hedy menyampaikan, Tol Cisumdawu menilik progres saat ini, susah beroperasi secara fungsional saat pelaksanaan mudik dan arus balik Idul Fitri.

BACA JUGA:HORE, Tol Cisumdawu Beres, Penerbangan Haji Jawa Barat dari Bandara Kertajati, Ridwan Kamil: Saya Ikut Rapat

"Kemungkinan besar Tol Cisumdawu sudah beroperasi secara fungsional. Jadi ini akan kita koordinasikan dengan Korlantas nanti," kata Hedy, kepada radarmajalengka.com di Mapolresta Cirebon.

Disampaikan Hedy, koordinasi terkait Tol Cisumdawu yang beroperasi secara fungsional saat mudik nanti, diperlukan karena akan adanya perubahan pattern lalu lintas.

"Ini perlu kita koordinasikan dengan Korlantas Polri, karena Tol Cisumdawu ini akan mengubah pattern lalu lintas," kata Hedy.

Pattern yang dimaksud adalah perubahan perjalanan masyarakat dari Bandung ke arah Cirebon dan Jawa Tengah. Saat ini, pengendara biasa menggunakan Tol Cipularang lalu ke Tol Cikopo Palimanan.

BACA JUGA:KABAR TERBARU: Tol Cisumdawu 1 Bulan Lagi Dibuka, Haji dan Umrah Lewat Bandara Kertajati

Tetapi dengan beroperasinya Tol Cisumdawu, tentu akan berubah yakni, dari arah Bandung akan melintasi Tol Cisumdawu. Juga ada pertemuan dengan lalu lintas Tol Cipali di Km 152.

Demikian perkembangan terbaru Tol Cisumdawu yang akan beroperasi pada Maret 2023 dan digunakan untuk mudik serta arus balik Idul Fitri, meski belum memiliki rest area.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: