Indramayu Minta Tol dari Kertajati, Majalengka Minta Tol Macita Tembus ke Tasikmalaya, Saingan Tol Getaci?

Indramayu Minta Tol dari Kertajati, Majalengka Minta Tol Macita Tembus ke Tasikmalaya, Saingan Tol Getaci?

Kabupaten Indramayu mengusulkan Tol Kertajati Indramayu dan Majalengka mengusulkan Tol Macita. -Foto hanya ilustrasi-radarmajalengka.com

“Membangun jalan tol kan prosesnya panjang, mulai pembebasan lahan sampai pada tahap pembangunan konstruksinya. Makanya kami meminta agar Kementerian PUPR melakukan percepatan,” ungkap Nina.

BACA JUGA:3 Hal Unik di Tol Cisumdawu yang Tidak Dijumpai di Tol Lainnya, Ada Skywalk di Rest Area

Sehingga Bupati Nina menjelaskan, jika nantinya telah dibangun, jalan tol sepanjang 46 kilometer itu akan memberikan manfaat banyak bagi Kabupaten Indramayu.

Kemudian berdampak pada adanya pengurangan beban jalan-jalan kabupaten sebab kendaraan akan terbagi ke jalan tol.

“Manfaat lain akan ikut membuka isolasi daerah yang selama ini sulit dijangkau. Tentu saja ke depan diharapkan akan ada pembangunan jalan berupa jaringan dari dan menuju ke jalan tol,” jelasnya.

“Di Indramayu juga ada asrama atau embarkasi haji baru, lalu Pertamina dan kawasan industri. Yang akan segera dibangun ada lagi yakni Petrochemichal. Semuanya membutuhkan akses cepat, salah satunya Tol Kertajati-Indramayu,” pungkasnya.

BACA JUGA:Ukuran Sebesar Bus dan Gigi Seukuran Pisang, 3 Hewan Purba Ini Pernah Hidup di Majalengka

2. Tol Macita

Diding Bajuri menilai, keberadaan Tol Macita akan sangat penting dan strategis. Juga meningkatkan akses antara selatan Jawa Barat dengan utara.

"Selama ini akses dari selatan ke utara kurang representatif. Padahal sangat dibutuhkan untuk pengangkutan barang dan perjalanan," kata Diding, kepada radarmajalengka.com, belum lama ini. 

Diding melihat, keberadaan Tol Macita sudah sangat dibutuhkan. Selain mempersingkat waktu tempuh, juga meningkatkan potensi wisata pada daerah yang dilewati.

Dengan adanya tol tersebut, dapat membuat masyarakat dari utara bisa berwisata ke Pangandaran, Tasikmalaya dan sekitarnya. Begitu juga sebaliknya.

BACA JUGA:4 Peristiwa Langka yang Pernah Terjadi di Majalengka, Pasti Tidak Menyangka

Keberadaan Tol Macita juga bisa meningkatkan peforma dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Karena masyarakat dari wilayah selatan akan lebih mudah lagi menuju ke bandara tersebut.

Yang tidak kalah penting, kata Diding, Tol Cisumdawu saat ini hanya menguntungkan BIJB Kertajati dan mempercepat perjalanan masyarakat. Tetapi belum benar-benar dirasakan oleh Kabupaten Majalengka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: