Indramayu Minta Tol dari Kertajati, Majalengka Minta Tol Macita Tembus ke Tasikmalaya, Saingan Tol Getaci?

Indramayu Minta Tol dari Kertajati, Majalengka Minta Tol Macita Tembus ke Tasikmalaya, Saingan Tol Getaci?

Kabupaten Indramayu mengusulkan Tol Kertajati Indramayu dan Majalengka mengusulkan Tol Macita. -Foto hanya ilustrasi-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Usulan tol baru yang menghubungkan Kabupaten Majalengka dengan Indramayu mengemuka, usai Bupati Indramayu, Nina Agustina meminta dilakukannya percepatan pembangunan.

Rencana pembangunan Tol Kertajati Indramayu sudah masuk dalam perencanaan pembangunan Jaringan Jalan Tol Jawa Barat dan pelaksanaannya antara tahun 2025 sampai dengan 2029.

Namun, karena faktor kebutuhan dan pengembangan daerah diusulkan pembangunan  Tol Kertajati Indramayu dilaksanakan pada 2023. Usulan tersebut disampaikan Bupati Indramayu kepada Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. 

Selain Kabupaten Indramayu juga muncul usulan terkait Jalan Tol yang menghubungkan Kabupaten Majalengka ke Tasikmalaya. Namanya Tol Macita atau Majalengka, Ciamis, Tasikmalaya.

BACA JUGA:KONDISI TERKINI Tol Cisumdawu, Sudah Tersambung Seksi 4 sampai ke Seksi 5A, Hampir Nyambung ke Majalengka

Usulan Tol Macita tersebut disampaikan Ketua ICMI Orda Majalengka, Diding Bajuri. Sosok akademisi itu menilai, pembanguna Jalan Tol Macita akan menghubungkan dengan Tasikmalaya.

Keberadaan akses tol tersebut jauh lebih memberikan dampak positif bagi perkembangan Kabupaten Majalengka daripada Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu.

Pasalnya, di Tol Cisumdawu Kabupaten Majalengka hanya memiliki 1 exit toll yakni Kertajati atau tepatnya berada di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama. Berbeda dengan Kabupaten Sumedang yang lebih banyak memiliki exit toll.

Kendati demikian, Tol Macita ini masih wacana. Sebab, pemerintah juga berencana membangun Tol Getaci atau Gedebage Tasikmalaya Cilacap.

BACA JUGA:Kampung Terkecil Ada di Majalengka, Hanya Ada 5 Rumah dan Tidak Bisa Bertambah

Berikut alasan mengapa muncul usulan Jalan Tol Kertajati Indramayu dan Tol Macita:

1. Tol Kertajati Indramayu

Bupati Indramayu Nina Agustina telah meminta percepatan pembangunan jalan Tol Kertajati-Indramayu. Alasannya adalah rencana sudah telah masuk dalam SHP (Shapefile) jaringan Tol Jawa Barat sehingga wajar kalau dimohon dilakukan percepatan pembangunannya.

SHP atau Shapefile sendiri adalah format data vektor yang digunakan untuk menyimpan lokasi, bentuk, dan atribut dari fitur geografis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: