BLAK-BLAKAN, Anggota DPR Minta Bandara Kertajati untuk Penerbangan Haji, Kalau Perlu Dipaksakan

BLAK-BLAKAN, Anggota DPR Minta Bandara Kertajati untuk Penerbangan Haji, Kalau Perlu Dipaksakan

Bandara Kertajati atau BIJB diharapkan dapat digunakan untuk penerbangan haji.-Emilia Faturahman/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) didesak untuk dijadikan sebagai tempang pemberangkatan dan kepulangan untuk penerbangan jamaah haji.

Anggota DPR RI, Delmeria Sikumbang mendesak hal tersebut. Bahkan bila perlu dipaksanakan untuk adanya penerbangan haji dari Bandara Kertajati Majalengka.

Sebab, bila tidak demikian, Bandara Kertajati akan terus tidak optimal dalam operasionalnya. Padahal, secara umum bandar udara internasional tersebut sudah siap.

Delmeria menyinggung mengenai Bandara Kertajati pada rapat kerja di DPR RI bersama Kementerian Agama (Kemenag), Garuda Indonesia, Angkasa Pura dan pihak terkait lainnya.

BACA JUGA:WADUH! Bandara Kertajati Sarang Hantu, Anggota DPR Ini Blak-blakan, Negara Membiarkan Saja

Pihaknya mempertanyakan mengapa BIJB Kertajati tidak juga dipakai untuk penerbangan jamaah haji. Sehingga terkesan tidak ada langkah dari pemerintah untuk mengoptimalkan bandar udara terluas kedua di Indonesia itu.

Padahal, Bandara Kertajati sudah dibangun dan memerlukan biaya besar, tetapi tidak kunjung dioptimalkan termasuk untuk penerbangan jamaah haji.

Dia pun mendesak agar penerbangan haji dipaksakan saja untuk berjalan di BIJB Kertajati agar tidak terus-terusan dalam kondisi seperti sekarang ini.

"Untuk apa Angkasa Pura menjadikan Kertajati (pemberangkatan haji), perencanaan seperti apa gitu. Kok nggak dipakai dari tahun ke tahun," tanya Delmeria, di Rapat Kerja DPR RI, yang dikutip radarmajalengka.com, Jumat, 3, Februari 2023.

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Beroperasi, BIJB Kertajati Buka Rute Penerbangan ke Daerah Ini, Cek di Sini

Dia mempertanyakan untuk apa Bandara Kertajati dibangun, bila akhirnya tidak dioptimalkan. Sehingga negara sendiri yang merugi.

"Untuk apa dibangun Kertajati gitu, kok nggak punya rencana yang matang gitu?" tanya Delmeria, menagih rencana optimalisasi BIJB Kertajati.

Anggota DPR RI asal Kota Sibolga tersebut juga mempertanyakan tidak digunakannya BIJB Kertajati sebagai bandara untuk pemberangkatan haji.

"Kertajati nggak jadi-jadi (untuk pemberangkatan haji), sudah survei dari tahun ke tahun. Untuk apa itu? Untuk sarang hantu kah?" tanya dia beruntun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: