Jalan Tol Bandung Kertajati Jadi, Transportasi Shuttle Ramai-ramai Pindah dari Tol Cipularang

Jalan Tol Bandung Kertajati Jadi, Transportasi Shuttle Ramai-ramai Pindah dari Tol Cipularang

Keberadan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung Kertajati akan membuat transportassi shuttle pindah dari Tol Cipularang.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Bandung Kertajati atau Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) yang sebentar lagi jadi, bakal mengalihkan rute transportasi shuttle.

Saat ini, transportasi shuttle atau point to point masih menggunakan rute Tol Cikopo Palimanan atau Cipali dan ke Tol Cipularang untuk menuju ke Bandung.

Tetapi setelah Jalan Tol Bandung Kertajati terhubung, nantinya akan dialihkan perjalanan dari Cirebon ke Bandung via Tol Cisumdawu.

Sebab, akses Tol Bandung Kertajati itu, bakal mempercepat waktu tempuh dan memperpendek jarak tempuh dari Kota Bandung ke Cirebon.

BACA JUGA:MANTAP! Tol Cisumdawu Dikebut, 2 Launcher Girder Dikerahkan di Jembatan Conggeang

Saat ini, perjalanan dari Cirebon ke Bandung membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 56 menit dengan jarak tempuh 141 kilometer via Gerbang Tol Cimalaka.

Sedangkan perjalanan dari Cirebon ke Bandung via Tol Cipularang memiliki jarak tempuh 211 kilometer dengan waktu tempuh 3 jam 6 menit.

Tetapi, bila Tol Bandung Kertajati sudah terhubung, nantinya Tol Cisumdawu hanya memiliki jarak sekitar 62 kilometer saja. Dengan waktu tempuh dari Majalengka ke Bandung hanya sekitar 45 menit saja atau sekitar 90 menit untuk sampai ke wilayah Kota Cirebon.

Keberadaan Tol Cisumdawu ini, disambut baik oleh para pengelola transportasi shuttle yang melayani rute Cirebon ke Bandung dan Majalengka ke Bandung.

BACA JUGA:UPDATE TOL CISUMDAWU, Maret 2023 Bandung ke Majalengka Tersambung, Tapi Ada Kendala Ini

Area Manager Connex Shuttle, Rengga Bahara menuturkan perjalanan Cirebon - Bandung melalui tol Cipali sebelumnya memakan waktu 3 jam dan lebih dekat dengan kota Bandung.

Untuk menjangkau area jatinangor dibutuhkan waktu tempuh kembali. Nantinya dengan perjalanan melalui tol Cisumdawu, akses menuju Jatinangor lebih dekat. "Sehingga bagi mahasiswa/i yang berkuliah di daerah tersebut bisa memangkas waktu tempuh," ujarnya.

Saat ini, Connex Shuttle yang hadir sebagai shuttle kekinian memang memiliki segmentasi penumpang dengan rentan usia 13 hingga 43 tahun.

Dari segmentasi tersebut 60% diantaranya merupakan pelajar dan 40% nya merupakan pekerja. "Segera dibukanya kampus baru di Cirebon juga juga bisa menjadi pangsa bagi perjalanan Cirebon - Bandung via tol Cisumdawu nantinya," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: