TERUNGKAP Alasan Sopir Truk Tidak Mau Lewat Tol Cisumdawu, Lebih Pilih Cadas Pangeran, Padahal Masih Gratis

TERUNGKAP Alasan Sopir Truk Tidak Mau Lewat Tol Cisumdawu, Lebih Pilih Cadas Pangeran, Padahal Masih Gratis

Sopir truk tidak mau lewat Jalan Tol Cisumdawu dan memilih lewat Jalur Cadas Pangeran Sumedang.-Krisna Euy/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Terungkap alasan mengapa sopir truk tronton, gandengan dan kendaraan berat lainnya tidak mau lewat Jalan Tol Cileunyi SUMEDANG Dawuan atau Tol Cisumdawu.

Alasan sopir truk tidak mau lewat Tol Cisumdawu menjadi pertanyataan besar, karena akses tersebut relatif tidak macet dan berliku seperti di Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang.

Tapi, para sopir truk ternyata punya alasan tersendiri kenapa mereka lebih memilih melewatkan akses gratis di Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 sampai ke Cimalaka.

Padahal, dengan melintasi akses Sumedang ke Cimalaka tanpa lewat Cadas Pangeran, mereka bakal bebas dari kemacetan dan juga tidak melewati jalanan yang berkelok-kelok.

BACA JUGA:BARU SADAR, Ada Pemandangan Aneh di Tol Cisumdawu, Cobalah Tengok Kalau Nggak Percaya

Para sopir truk rupanya masih nyaman dengan Jalan Cadas Pangeran, meski kendaraan berat mereka seringkali kesulitan menanjak.

Belum lagi risiko lain di jalur tersebut seperti tebing longsor hingga kepadatan lainnya yang kerap ditemui mulai dari Cibiru sampai ke Alun-alun Cimalaka.

Selain lebih nyaman lewat Cadas Pangeran, alasan lain adalah belum hafal dengan karakter Tol Cisumdawu. Baik tanjakan dan turunan yang ada di jalan bebas hambatan tersebut.

Misalnya, karena tanjakannya yang panjang sampai menjelang Tanjungsari. Dan ketika menuju Jatinangor, turunan sangat tajam.

BACA JUGA:BLAK-BLAKAN Jusuf Hamka, Bangun Tol Cisumdawu Pakai Duit 'Anak Kampung' Rp5,5 Triliun

Saikun, salah seorang sopir truk asal Jawa Tengah mengatakan, tanjangan panjang tersebut cukup berat untuk kendaraan yang dibawa oleh dirinya.

Begitu juga adanya turunan tajam, yang membuatnya juga harus ekstra hati-hati dalam melakukan pengereman.

“Enak lewat jalan lama. Sudah hafal. Kalau lewat Cisundawu agak waswas. Nanjak berat. Turun ngeri,” kata Saekun.

Tapi sebagian yang lain, lebih memilih Cadas Pangeran daripada Tol Cisundawu, karena soal lintasan. Rute yang harus mereka tempuh memang di sekitar Cadas Pangeran, karenanya tidak lewat ke Tol Cisumdawu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: