BLAK-BLAKAN Jusuf Hamka, Bangun Tol Cisumdawu Pakai Duit 'Anak Kampung' Rp5,5 Triliun

BLAK-BLAKAN Jusuf Hamka, Bangun Tol Cisumdawu Pakai Duit 'Anak Kampung' Rp5,5 Triliun

Jusuf Hamka bangun Tol Cisumdawu dengan pembiayaan dari bank syariah.-Jusuf Hamka/Ig-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Pengusaha M Jusuf Hamka blak-blakan soal pembiayaan dan sumber uang untuk membangun Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Tol Cisumdawu.

Menurut Jusuf Hamka, dirinya menggunakan sebagian besar uang pribadi untuk progres sampai dengan 80 persen. Kemudian sisanya pembiayaan dari bank syariah untuk menuntaskan sisanya.

Jusuf Hamka baru menandatangani pembiayaan Tol Cisumdawu sebesar Rp5,5 triliun pada 28, Desember 2022. Padahal, di tahap tersebut proyek sudah dalam posisi 20 persen.

Ternyata, 80 persen pembiayaan proyek tersebut sebelumnya diambil dari duit pribadi. Dia mengistilahkannya dengan 'duit anak kampung'.

BACA JUGA:HORE! AirAsia Mau Terbang dari Bandara Kertajati, Tony Fernandes: Saya Sangat Senang Kalau...

"Alhamdulillah duit anak kampung, ini swasta yang membangun untuk negeri. Ini bukan jalan tol satu-satunya, kita udah ada enam," tandas Jusuf Hamka.

Presiden Direktur PT Citra Karya Jabar Tol tersebut menambahkan, ketika ada yang menyebutkan pembangunan jalan tol menggunakan uang pemerintah, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Sebab, yang sesungguhnya adalah ada kolaborasi antara pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN) dengan perusahaan swasta.

"Jadi nggak ada duit pemerintah. Itu bohong. Ini kolaborasi pemerintah, BUMN dan swasta. Kalau orang nyinyir sama pemerintah salah besar, ini swasta berbakti untuk negeri," beber dia, seperti dilansir dari Kanal Merdeka, Sabtu, 28, Januari 2023.

BACA JUGA:NGGAK MAIN-MAIN, Prediksi Masa Depan Bandara Kertajati Versi Tony Fernandes dan Jusuf Hamka, Masih Ragu?

Ditambahkan Jusuf Hamka, pembiayaan tersebut didapat dari Bank Syariah, dia ingin membangun jalan tol berikutnya dengan sistem syariah yang sistemnya sedang digodok akademisi dan BPJT.

Khusus di Tol Cisumdawu, ada rencana membangun 15 hektare rest area yang di dalamnya dibangun Masjid Babah Alun, sentra UMKM, dan outlet barang branded seperti di luar negeri.

"Orang bisa datang sambil berdarmawisata sambil berwisata," tandas Jusuf Hamka, dalam pernyataan tersebut.

Disampaikan dia, Tol Cisumdawu tidak hanya menggerakan ekonomi, tetapi berdampak langsung kepada harga tanah di sekitar yang bakal beranjak naik. "Jadi multiplier effect-nya untuk kebangkitan ekonomi kita," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: