IRONI TOL CISUMDAWU Buat Wisata Majalengka, Sumedang yang Untung: Kita Kebagian Ujungnya Saja

IRONI TOL CISUMDAWU Buat Wisata Majalengka, Sumedang yang Untung: Kita Kebagian Ujungnya Saja

Tol Cisumdawu dibuka, wisata di Kabupaten Majalengka tidak mendapat dampak signifikan. -Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu diyakini belum menghadirkan dampak nyata bagi wisata di Kabupaten MAJALENGKA.

Wisata di Kabupaten Sumedang justru lebih mendapatkan peluang dari Tol Cisumdawu ketimbang Kabupaten Majalengka, karena memiliki lebih banyak exit tol.

Sementara Kabupaten Majalengka hanya memiliki 1 exit tol, itu pun hanya di ujung saja. Meski demikian jarak tempuh dan waktu tempuh dari Bandung ke Majalengka bisa lebih singkat. 

Ketua Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) Kabupaten Majalengka DR Ir H Dadan Taufik SH MH MKn menilai, ada kekhawatiran kalau tol justru akan membuat Kota Angin semakin dilewati.

BACA JUGA:Suara Jusuf Hamka Bergetar Bicara Tol Cisumdawu, Kata-katanya Sungguh Terharu: Negeri Membutuhkan Kita

Adanya akses tersebut baru sebatas mempercepat akses lalu lintas, dan menguntungkan BIJB Kertajati saja. Belum lebih luas ke dunia pariwisata. 

Sebab, tidak lagi dilintasi kendaraan dari Cirebon ke arah Bandung. Dampak yang paling akan dirasakan adalah warung kecil di pinggir jalan Kadipaten, Tomo dan sekitarnya. 

“Dulu orang yang akan ke Bandung atau dari Bandung menuju Majalengka akan mampir ke Kadipaten. Kalau tol itu dibuka, orang tidak akan turun ke Kadipaten dan akan memilih langsung via tol, sehingga dengan sendirinya Majalengka akan terlewat,” tuturnya.

Oleh karena itu kata dia, hal yang harus dipikirkan adalah bagaimana agar pengaruh tol itu berpengaruh bagi Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:BLAK-BLAKAN JUSUF HAMKA Soal Tol Cisumdawu dan Bandara Kertajati: Dia Hidup dan Pasti Hidup, Saya Komitmen

Solusinya diantaranya adalah dengan memperkuat wisata, industri dan sejumlah sektor pendukung wisata lainya.

“Jangan seperti sekarang konsep wisata di Majalengka tidak jelas arahnya. Begitu juga dengan industri yang tumbuh. Majalengka jangan hanya jadi penonton,” tegasnya.

Dampak Tol Cisumdawu, kata dia, belum sepenuhnya bisa menguntungkan Majalengka, karena Majalengka hanya gate exit-nya saja.

Justru yang banyak diuntungkan adalah Sumedang, karena memiliki banyak gate tol atau akses keluar di setiap seksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: