PENAMPAKAN TERBARU Tol Cisumdawu, Seksi 6 Bisa Dilewati Kendaraan, Seksi 4 dan 5, Yakin Beres Februari?

PENAMPAKAN TERBARU Tol Cisumdawu, Seksi 6 Bisa Dilewati Kendaraan, Seksi 4 dan 5, Yakin Beres Februari?

Penampakan visual terbaru Jalan Tol Cisumdawu di sekitar Cacaban, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang yang mengarah ke Kertajati, Kabupaten Majalengka.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Penampakan terbaru Jalan Tol Cileunyi SUMEDANG Dawuan atau Tol Cisumdawu menunjukkan progres menggembirakan sampai, Sabtu, 28, Januari 2023.

Dari beberapa visualisasi terbaru terlihat pekerjaan di Seksi 4 dan 5 Tol Cisumdawu di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, akses jalan sudah hampir tersambung.

Bahkan, progres terbaru di Seksi 5B Conggeang sudah dalam pekerjaan pemasangan balok girder untuk Jembatan Kedondong yang merupakan akses jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu yakni sepanjang 743,5 meter.

Di seksi 5A juga sedang dikebut dengan pekerjaan utama Jembatan Conggeang yang memiliki panjang 636 meter, termasuk penguatan tebing dan struktur main road.

BACA JUGA:BLAK-BLAKAN Jusuf Hamka Soal Tol Cisumdawu, Sungguh Terharu, Coba Baca

Progres di Seksi 5A dan 5B tersebut diperkirakan sudah memasuki 70 persen, mengingat pekerjaan yang dilaksanakan cukup rumit di lokasi tersebut.

Di Seksi 4A dan 4B juga kini sebagian besar akses jalan sudah dibeton, hanya menyisakan di sekitar Jembatan Cikondang. Bahkan pekerjaan jembatan tersebut sudah hampir selesai.

Yang tidak kalah menggembirakan adalah sudah tuntasnya pekerjaan di Seksi 6 Tol Cisumdawu. Bahkan Desember lalu saat dikunjungi Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, akses tersebut sudah dibisa dilewati oleh kendaraan.

Seksi 6A dan 6B Tol Cisumdawu menghubungkan Ujung Jaya dengan Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka. Di area ini juga terdapat Junction Dawuan yang menghubungkan dengan Kilometer 152 Tol Cikopo Palimanan atau Tol Cipali.

BACA JUGA:BANDARA KERTAJATI Belum Optimal, Anggota DPR RI Ini Tak Yakin Tol Cisumdawu Penyebab Utamanya

Danang Parikesit saat melakukan kunjungan tersebut mengatakan, setidaknya di Kuartal I 2023 Tol Cisumdawu sudah selesai dan beroperasi secara penuh.

Adapun fokus pekerjaan di Seksi 5A dan 5B yang kini progresnya antara 65-70 persen. Salah satunya adalah penyelesaian Jembatan Kedondong. Kemudian di Seksi 4A dan Seksi 4B.

Sebab, saat ini progres pekerjaan di Seksi 6A dan 6B justru sudah selesai yang menyambuntkan dari Ujung Jaya ke Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menginginkan agar Tol Cisumdawu tersambung total pada akhir Februari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: