BANDARA KERTAJATI Belum Optimal, Anggota DPR RI Ini Tak Yakin Tol Cisumdawu Penyebab Utamanya

BANDARA KERTAJATI Belum Optimal, Anggota DPR RI Ini Tak Yakin Tol Cisumdawu Penyebab Utamanya

Pengusaha M Jusuf Hamka buka suara soal keterlibatan dirinya di pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, belum optimal dalam penerbangan penumpang baik domestik maupun internasional.

Padahal, ekspektasi tinggi diemban Bandara Kertajati untuk menjadi bandar udara terbesar kedua di Indonesia, mengingat potensi yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat.

Karena itu, Sudewo, Anggota Komisi V DPR RI mempertanyakan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), apakah benar Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu menjadi penyebab bandara belum optimal.

“Saya sarankan kepada Kementerian Perhubungan untuk dilakukan pengkajian. Sesungguhnya apa penyebab sampai Bandara Kertajati ini tidak operasional ya,” kata Sudewo, seperti dilansir dari Parlemen Tv DPR RI, Jumat, 27, Januari 2023.

BACA JUGA:3 Tempat Wisata Majalengka Dekat Bandara Kertajati, Bisa Lewat Tol Cisumdawu

Menurut Sudewo, berdasarkan penjelasan Dirjen Perhubungan Udara dan Angkasa Pura II, memang karena belum ada akses dari Kota Bandung ke bandara yaitu Jalan Tol Cisumdawu.

“Kemudian saya yakinkan betul kepada mereka, itu apakah asumsi Anda, apakah karena kajian, apakah karena study?” tanya dia

Dijelaskan bahwa karena faktor Tol Cisumdawu ini yang belum operasional, sehingga berakibat Bandara Kertajati ini menjadi terbengkalai.

“Saya tekankan lagi seperti itu, dia katakan bahwa karena kajian bukan asumsi,” tutur anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra tersebut.

BACA JUGA:MERAGUKAN Penerbangan Bandara Husein Pindah ke BIJB Kertajati, Super Air Jet Buka Rute Baru ke Bandung

Menindaklanjuti hal tersebut, kata Sudewo, saat rapat dengan Menteri PUPR, disampaikan sudah memberikan satu warning kepada semua kontraktor pekerja Jalan Tol Cisumdawu.

Warning disampaikan supaya pertengahan tahun 2023 itu sudah selesai sudah dan Tol Cisumdawu beroperasi, sehingga bisa menunjang Bandara Kertajati.

“Kita lihat nanti, cuman saya wanti-wanti juga kepada Kementerian Perhubungan supaya tidak meleset lagi asumsi itu ya,” tegas dia.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Cipta Karya Jabar Tol, Jusuf Hamka mengungkapkan, Tol Cisumdawu dapat dimanfaatkan untuk akses Bandara Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: