SIAP DAPAT CUAN! Tol Patimban Bakal Lewat 20 Desa dan 10 Kecamatan Ini, Punya Tanah di Situ?

SIAP DAPAT CUAN! Tol Patimban Bakal Lewat 20 Desa dan 10 Kecamatan Ini, Punya Tanah di Situ?

Tol Patimban bakal menjadi salah satu akses ke wilayah Indramayu Barat. -Jasa Marga-radarmajalengka.com

SUBANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Patimban mulai beroprasi pada september 2024. daerah mana saja yang dilewati oleh Jalan Tol Patimban dan akan melintasi sejumlah desa juga kecamatan di Kabupaten Subang.

Setidaknya ada 20 desa dan 10 kecamatan yang akan dilewati trase Tol Patimban sampai ke kawasan pelabuhan. Lalu daerah apa saja yang akan dilewati akses tol ini?

Seperti diketahui, Konsorium PT Jasamarga (persero) Tbk akan melakukan Pembangunan Jalan Tol Patimban. Ini merupakan proyek KPBU dengan skema solicited yang menghubungkan Pelabuhan Patimban.

Tujuan pembangunan Jalan Tol patimban ini mampu meningkatkan aktivitas ekspor yang bersumber dari kawasan industri di sekitar Cikarang-Cibitung-Karawang hingga Cikampek.

BACA JUGA:BISA KE BANDARA KERTAJATI, Bhinneka Shuttle Buka Rute Bandung Majalengka via Tol Cisumdawu

Setidaknya ada 20 desa tersebar di 10 kecamatan yang berada diwilayah Kabupaten Subang sepanjang hampir 37,5 km dengan lebar 20 meter menjadi daerah yang dilewati oleh akses tol dan saat ini sudah memasuki penetapan lokasi (penlok).

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Subang, Ahmad Suparto mengatakan rencana pembangunan Jalan Tol Akses Patimban sudah pada tahap penetapan lokasi (penlok) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sejak awal tahun 2022 ini.

Dari penlok itu, terdapat daerah yang dilewati oleh Jalan Tol Patimban ada 20 Desa yakni, Desa Sawangan, Desa Kosar, Desa Karanghegar, Desa Panyingkiran, Desa Rancamahi, Desa Pasirbungur, Desa Rancabango, Desa Pasirmuncang, dan Desa Mekarsari.

Sementara itu, daerah lainnya yang dilewati oleh Jalan Tol Patimban yakni, Desa Jatibaru, Desa Tanjungrasa, Desa Wanajaya, Desa Mariuk, Desa Gardumukti, Desa Kertajaya, Desa Rancasari, Desa Bongas, Desa Rancahilir, Desa Kotasari, dan yang terakhir Desa Pusakajaya.

BACA JUGA:MANTAP! Di Bandara Kertajati Pesawat TransNusa Latihan Touch and Go, Mau Buka Rute?

Sebanyak 20 desa yang dilewati oleh Jalan Tol Patimban berada di daerah 10 kecamatan diantaranya Cipeundeuy, Pabuaran, Purwadadi, Patokbeusi, Cikaum, Ciasem, Tambakdahan, Pamanukan, Pusakanagara dan Pusakajaya.

Daerah yang dilewati Jalan tol Patimban ini menghubungkan ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 89+125 hingga ruas Pantai Utara Subang sepanjang 37,5 km.

"Pada Jalan Tol Akses Patimban ini akan ada empat gerbang tol yang terletak di Cipeundeuy, Pasirbungur, Tambakdahan, dan Pusakanagara," ujar Ahmad Suparto.

Ahmad Suparto juga menjelaskan pembebasan tanah belum dilakukan, karena pihak appraisal masih melakukan kajian untuk menentukan harga tanah dan  pembebasan tanah akan dilukn di tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: