PENAMPAKAN Jembatan Kedondong, yang Terpanjang di Tol Cisumdawu, Hampir 1 Km

PENAMPAKAN Jembatan Kedondong, yang Terpanjang di Tol Cisumdawu, Hampir 1 Km

Jembatan Kedondong di Seksi 5B Tol Cisumdawu Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.-Apri Subroto/Youtube-radarmajalengka.com

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Beres, BIJB Kertajati Malah Dijual, Investor India Cek TKP, Penjelasan Manajemen, Oh Ternyata

Dari pantauan yang sama, di sekitar Jembatan Kedondong juga belum terbangun main road yang dibeton sampai ke over pass Cacaban, Kecamatan Conggeang atau sekitar 1,5 sampai dengan 2 kilometer.

Di kawasan ini, main road baru berbentuk perataan tanah untuk pembuatan struktur yang akan dilanjutkan dengan pembetonan.

Karena itu, pembangunan Tol Cisumdawu di Seksi 5A dan Seksi 5B baru memasuki progres dengan kisaran 60-70 persen saja pada Januari 2023.

Kondisi di Seksi 5A dan 5B yang berada di Kecamatan Conggeang memang kurang lebih sama. Di Seksi 5A juga terdapat Jembatan Conggeang dengan panjang 636 meter.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Tarif Tol Cisumdawu Terbaru Seksi I, II dan III Yuk Mumpung Masih Murah

Tetapi, di Seksi 5A sebagian sudah terbangun overpass, underpass dan main road di sekitar Conggeang Kulon.

Seksi 5A dan Seksi 5B Conggeang tersebut sangat vital sebagai penghubung, karena di Seksi 6A dan 6B justru sudah terbangun 100 persen termasuk Junction Dawuan yang menghubungkan Tol Cisumdawu dengan Tol Cipali Km 152.

Karenanya, menarik dinantikan penyelesaian Tol Cisumdawu yang menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ditargetkan terhubung pada akhir Februari 2023.

Target tersebut jauh lebih cepat dari proyeksi PT Citra Karya Jabar Tol yang memproyeksikan beroperasi Maret 2023.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Tarif Tol Cisumdawu Terbaru Seksi I, II dan III Yuk Mumpung Masih Murah

"Tol Cisumdawu mudah-mudahan bisa kita operasikan secara total akhir Februari atau akhir Maret 2023," kata Menteri Basuki, dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI.

Tidak hanya itu, Basuki juga mengupayakan agar pada akhir Februari sudah tersambung seluruhnya dari Bandung ke Majalengka.

"Saya upayakan akhir Februari bisa dioperasikan secara tuntas," tandas Menteri Basuki, pada rapat yang dilaksanakan 17, Februari 2023.

Sebagai informasi, saat ini pembangunan yang berjalan adalah di Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 kilometer dengan konstruksi 88,84 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: