PENAMPAKAN Jembatan Kedondong, yang Terpanjang di Tol Cisumdawu, Hampir 1 Km

PENAMPAKAN Jembatan Kedondong, yang Terpanjang di Tol Cisumdawu, Hampir 1 Km

Jembatan Kedondong di Seksi 5B Tol Cisumdawu Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.-Apri Subroto/Youtube-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jembatan Kedondong di Tol Cileunyi SUMEDANG Dawuan atau Jalan Tol Cisumdawu adalah yang terpanjang dan berada di Kecamatan Conggeang, Kabupaten SUMEDANG.

Jembatan Kedondong berada di Seksi 5B Tol Cisumdawu dan menghubungkan ke Seksi 6A yang mengarah ke Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Panjang Jembatan Kedondong Tol Cisumdawu tersebut mencapai 743,5 meter atau hampir 1 kilometer.

Pekerjaan di lokasi saat ini adalah pembuatan pier head yang merupakan penyangga dari girder. Sebelum nantinya dibangun jalan persis di atasnya.

BACA JUGA:BENARKAH TOL CISUMDAWU Selesai Februari 2023, Kenyataannya di Tempat Ini Jalan Masih Tanah

Saat ini jembatan terpanjang terpanjang di Tol Cisumdawu yang sudah beroperasi adalah Jembatan Sinapel dengan panjang 430 meter.

Tetapi, gelar itu bakal kalah dengan Jembatan Conggeang dengan panjang 636 meter dan Jembatan Kedondong sepanjang 743,5 meter.

Keberadaan 2 jembatan d Seksi 5A dan 5B tersebut tentu menjadi sangat vital, agar Tol Cisumdawu dapat terhubung dari Bandung ke Majalengka.

Sayangnya, di lokasi tersebut pembangunan main road masih belum dilakukan. Kemungkinan sambil menunggu jembatan selesai terbangun.

BACA JUGA:WOW KEREN! Bakal Ada 30 Hotel di Rest Area Tol Trans Jawa, Tol Cipali Juga, Swiss-Belexpress Sudah Siap

Sebab, trase main road masih dipakai untuk penyimpanan balok grider yang akan dipasang di pier head jembatan.

Pembangunan jembatan di Seksi 5B tersebut memang unik, padahal di lokasi tidak ada sungai membentang.

Tetapi lebih dikarenakan kondisi tanah yang sangat labil, dan setelah dilakukan pengeboran baru ditemukan tanah keras di kedalaman 40 meter.

Melihat kondisi itu, yang paling cocok adalah dibuatkan jembatan membentang sejauh 743,5 meter dari arah Cacaban di Seksi 5B Conggeang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: