BIJB Kertajati Siapkan 12 Jalur Penerbangan

BIJB Kertajati Siapkan 12 Jalur Penerbangan

Jalan Tol Cisumdawu selesai, BIJB Kertajati akan kembali membuka 12 rute penerbangan.-BIJB Kertajati/Kolase-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM -Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati memastikan akan kembali membuka 12 rute penerbangan domestik dan internasional. Namun rencanan itu sendiri bergantung dengan pengoerasian Tol Cisundawu di Bulan Februari mendatang.

Akan kembali beroperasinya BIJB Kertajati dipastikan VP Of Corporate Secretary and General Administration BIJB, Dian Nurrahman  saat dihubungi via ponselnya, Sabtu (20/1).

Dikatakan Dian, rencana tersebut sesuai dengan hasil komunikasi pihaknya dengan para maskapai, baik domestik maupun internasional.

Untuk rute internasional, pihaknya sudah berkomunikasi secara intens dengan maskapai MA Airlines, dan beberapa maskapai lainnya. Sementara untuk rute internasional yang sifatnya plate, terutama untuk tujuan Arab Saudi khususnya untuk melayani jemaah umrah.

BACA JUGA:NGGAK NYANGKA! Pemandangan Sekeren Ini di Jalan Tol Cisumdawu, Majalengka ke Bandung Kian Dekat

Dian mengungkapkan, sudah ada maskapai yang siap terbang. Bahkan, direncanakan 1 minggu 1 kali penerbangan untuk mengangkut jamaah umrah yang rencananya akan dimulai di awal Maret tahun 2023.

“Untuk rute internasional yang sudah kami siapkan, tentunya mengenai persiapan BIJB menjadi bandara penerbangan haji, pihak otoritas Saudi Arabia melalui tim assesmentnya sudah melakukan pemeriksaan. Terakhir akan dilakukan sekitar tanggal 27 mendatang,” jelasnya.

Dari pemeriksaan awal, Dian mengaku masih ada temuan, namun pada prinsipnya pihaknya sudah melakukan perbaikan dan penataan sesuai instruksi dari pihak tim otoritas Arab Saudi itu sendiri. Sehingga saat ini BIJB sudah benar-benar siap untuk bisa melayani penerbangan haji dan umrah tersebut.

Menurut Dian, bukan  hanya berdasarkan assesment dari pemerintah Indonesia saja, melainkan pihak otoritas Saudi Arabia yang melakukan assessment ke BIJB. Hasilnya BIJB dinyatakan layak untuk mengangkut jamaah haji dan umrah.

BACA JUGA:HALO WARGA BANDUNG, Ada Tol Cisumdawu, Ke Bandara Kertajati Majalengka Nggak Sejauh yang Dipikirkan Loh

Selain itu, jika Tol Cisumdawu benar-benar bisa beroperasi di bulan Februari mendatang, maka akan berdampak positif bagi penerbangan domestik. Karena, pihaknya sudah menjalin komunikasi dan kesepakatan dengan sejumlah maskapai yang ada di Indonesia untuk bisa kembali membuka jalur penerbangannya melalui BIJB.

Rute yang akan digunakan sebanyak 12 sama seperti saat pertama BIJB dibuka. Untuk memfasilitasi maskapai tersebut, BIJB juga sudah berkoordinasi dengan Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Soekarno Hatta.

“Yang jelas pihak maskapai sendiri ingin memastikan beroperasinya Tol Cisumdawu. Jika sudah beroperasi maka mereka akan siap membuka rute penerbangan di BIJB. Dan, 12 rute tersebut merupakan rute-rute yang banyak digunakan masyarakat. Di antaranya ke Balikpapan, Bali, dan beberapa rute favorit lainya,” jelas Dian.

Sementara itu, Bupati Majalengka H Karna Sobahi sangat berharap dengan mulai banyak dibukanya akses tol menuju BIJB, baik dari Jakarta menuju Majalengka melalui Tol Cipali, dan Bandung, Majalengka akan semakin maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: