Mengenal Juntion Dawuan, Jalan Tol Cisumdawu dan Tol Cipali Bertemu, Ini di Majalengka Loh!

Mengenal Juntion Dawuan, Jalan Tol Cisumdawu dan Tol Cipali Bertemu, Ini di Majalengka Loh!

Junction Dawuan yang menjadi penghubung Tol Cipali dan Tol Cisumdawu.-Apri Subroto/Youtube-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Junction Dawuan menjadi titik sentral pertemuan antara Jalan Tol Cisumdawu dan Tol Cipali di Km 152, Kecamatan Kertajati, Kabupaten MAJALENGKA.

Junction Dawuan akan menjadi sangat strategis karena akan mempertemukan arus lalu lintas dari arah Bandung atau Tol Cisumdawu maupun dari arah Jakarta yang hendak ke Bandung.

Begitu juga dari arah Jawa Tengah yang hendak ke Bandung, juga akan melewati Junction Dawuan di Km 152 Tol Cipali.

Saat ini, jalan lingkar yang menghubungkan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tersebut sudah terbangun meski aksesnya masih ditutup baik dari arah Jakarta maupun dari arah Jawa Tengah.

BACA JUGA:Waduh! Bandara Kertajati Mau Dijual, Pembelinya dari Timur Tengah dan Singapura, Mereka Sangat Serius

Sebagai gambaran, nantinya perjalanan dari Cirebon yang hendak ke Tol Cisumdawu tidak perlu lagi keluar ke Gerbang Tol Kertajati, tetapi langsung ke Junction Dawuan dan masuk via GT Ujung Jaya Utama.

Begitu juga perjalanan dari Bandung yang bergabung ke Tol Cipali, nantinya akan langsung bergabung setelah melintasi jalan lingkar tersebut.

Junction Dawuan masuk dalam Seksi 6B Tol Cisumdawu yang progres pembangunan konstruksinya sudah mencapai 100 persen.

Sebelumnya, target Tol Cisumdawu dituntaskan pada akhir Februari 2023, disampaikan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

BACA JUGA:KEREN! Jalan Tol Terindah di Indonesia Bikin Bandung Majalengka Cirebon Terasa Dekat, Serasa Piknik

Menurut Basuki, meski pengelola meminta tol dioperasikan pada Maret nanti, namun pihaknya meminta agar dipercepat menjadi Februari 2023.

Pasalnya, pembangunan hanya menyisakan di Seksi 4, Seksi 5 dan Seksi 6. Bahkan di Seksi 6A dan Seksi 6B progresnya sudah 100 persen.

Basuki menambahkan, Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 km sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban. 

Juga untuk pengembangan ekonomi kawasan Pantura Jawa Barat, mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayumajakuning) Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: