KEREN! Jalan Tol Terindah di Indonesia Bikin Bandung Majalengka Cirebon Terasa Dekat, Serasa Piknik

KEREN! Jalan Tol Terindah di Indonesia Bikin Bandung Majalengka Cirebon Terasa Dekat, Serasa Piknik

Tol Cisumdawu dijuluki jalan tol terindah di Indonesia menghubungkan Bandung, Majalengka dan Cirebon.-BPJT-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu atau Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan layak dijuluki yang terindah di Indonesia. Pemandangan bukit, gunung hingga tebing ada di sepanjang jalannya.

Julukan jalan tol terindah di Indonesia tentu tidak berlebihan disematkan kepada ruas bebas hambatan yang satu ini. Pasalnya, baru sampai Seksi 3 saja, tidak bisa mata memandang hijaunya pegunungan.

Mulai dari Seksi 1 Sumedang Pamulihan, Seksi 2 Kota Sumedang dan Seksi 3 Cimalaka, pengendara akan dimanjakan dengan terasering persawahan, pemandangan Kota Bandung dan Sumedang hingga puncaknya Gunung Tampomas.

Belum lagi keunikan adanya terowongan sepanjang hampir 500 meter yang disebut sebagai Cisumdawu Twin Tunnel.

BACA JUGA:Menteri Basuki Sudah Coba, Jalan Tol Cisumdawu akan Terapkan Bayar Tol Tanpa Sentuh Alias MLFF? Simak Dulu

Ya, di Seksi 3 atau Cimalaka Gunung Tampomas begitu gagah berdiri dan di momen-momen tertentu memang masih kerap turun kabut.

Itu belum termasuk pemandangan yang mungkin belum banyak terlihat yakni di Seksi 4, Seksi 5 dan Seksi 6 di Ujung Jaya perbatasan Kabupaten Majalengka dan Sumedang.

Selain dari segi keindahan, jalan tol ini memang sangat diperhatikan dari segi estetik. Karenanya, pengerjakan faktor estetik di sisi kanan dan kiri jalan tol.

Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) bahkan memiliki program untuk beautifikasi dan landscaping jalan tol untuk meningkatkan kualitas dan estetika lingkungan.

BACA JUGA:MUDIK dari Balikpapan, Batam Bisa ke Bandara Kertajati Majalengka, Yuk Tunggu Jalan Tol Cisumdawu Beres

Sebelumnya, Kepala BPJT Danang Parikesit mengungkapkan, Seksi 4 hingga Seksi 6 yang menghubungkan Cimalaka - Legok - Ujung Jaya - Dawuan akan segera tuntas.

Dikatakan Danang, ditargetkan pada kuartal pertama tahun 2023 Jalan Tol Cisumdawu bisa tuntas konstruksinya dan tersambung dari Seksi 1 hingga 6.

"Untuk Seksi 1 hingga 3 sudah beroperasi, kemudian untuk Seksi 4 hingga 6 yang saat ini sebagian ruasnya sedang proses konstruksi sehingga dapat segera diselesaikan," kata Danang, dilansir dari laman BPJT.

Dalam kunjungannya pada Seksi 5B tepatnya pada jembatan Kedondong, Kepala BPJT juga menyempatkan mengecek langsung progres pembangunan jembatan tersebut yang dikerjakan oleh PT Girder Indonesia kurang lebih sepanjang 743,5 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: