Bojan Hodak Jadi Pelatih Asing Pertama yang Mampu Bawa Persib Bandung Juara Liga

Bojan Hodak Jadi Pelatih Asing Pertama yang Mampu Bawa Persib Bandung Juara Liga

Bojan Hodak pelatih Persib -Instagram @bojanhodakluka-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Bojan Hodak merupakan pelatih asing asal Kroasia yang sekaligus jadi yang pertama buat Persib Bandung untuk pelatih asing yang mampu bawa Persib jadi kampiun di Liga 1.

Persib memastikan diri jadi juara Championship Series Liga 1 2023/2024 setelah mengalahkan Madura United 3-1 pada leg kedua di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024) malam WIB.

Di leg pertama saat final Championship Series, Maung Bandung yang diasuh oleh Bojan Hodak sempat unggul 3-0 di leg pertama. Dan di leg kedua yang merupakan putaran terakhir partai final, Persib keluar sebagai pemenang dengan keunggulan 3-1.

Total agregat buat Persib selama dua putaran di partai final melawan Madura United yaitu 6-1, pencapaian luar biasa bagi Persib Bandung ini juga tak terlepas dari peran pemain dan pelatih sebagai sosok sentral dalam juru taktik untuk suatu tim.

Sebelumnya saat leg pertama, Persib unggul atas gol yang dicetak oleh Ciro Alves dan brace yang dicetak oleh David da Silva, dua pemain penyerang asal Brasil ini lantas bisa membawa Persib bisa unggul atas Madura United. 

BACA JUGA:Perpisahan Sempurna dan Manis Buat Toni Kroos Bersama Real Madrid 

Sementara itu di leg kedua, Persib unggul 3 gol duluan lewat David da Silva, Marc Klok, dan Beckham Putra, Dan Madura United kembali memperkecil ketertinggalan dengan penalti yang dicetak oleh Slamet Nurcahyo. 

Ini merupakan gelar ketiga buat Persib di era Liga Indonesia setelah tahun 1994 dan tahun 2014. Yang lebih spesialnya kali ini Persib berhasil menjuarai Championship Series Liga 1 dengan dibawa juara oleh pelatih asing untuk pertama kalinya, yakni Bojan Hodak.

Perdana buat Persib yang diasuh oleh pelatih asing dalam menjuarai Liga 1. Dan sebagai juru taktik Bojan Hodak mampu mengantarkan pasukan Maung Bandung dalam strategi nya untuk mengalahkan Madura United. 

Di dua gelar liga sebelumnya, Persib ditangani pelatih lokal, Indra Thohir dan Djadjang Nurdjaman. Persib memang selalu gagal ketika ditangani pelatih asing, sekalipun itu sekaliber pelatih asing seperti Luis Milla.

Hodak meraih gelar perdananya di Indonesia setelah sebelumnya sempat jadi pelatih PSM Makassar pada 2020. Hodak menjadi pelatih Persib menggantikan Luis Milla yang mundur tahun lalu.

BACA JUGA:Thibaut Courtois Jadi Pahlawan Real Madrid, Lakukan Aksi Penyelamatan Krusial Saat Lawan Dortmund 

Menurut data dan statistik dari Transfermarkt, Bojan Hodak menangani Persib selama 33 pertandingan dengan total 18 kemenangan, 12 imbang, dan tiga kekalahan. Ada total 65 gol dan 29 kali kebobolan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: