Kenali Rutabaga Bersama Manfaatnya Yang Sayang Dilewatkan

Kenali Rutabaga Bersama Manfaatnya Yang  Sayang Dilewatkan

Manfaat rutabaga yang baik untuk tubuh -Wikipedia -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Rutabaga adalah sayuran jenis umbi-umbian yang sering diolah menjadi makanan di Eropa Utara. Makanya, tidak heran jika masih banyak orang Indonesia yang tidak familier dengan sayuran ini. Rutabaga sendiri berbentuk seperti lobak dengan warna kuning kecokelatan atau ungu di bagian luarnya dan kuning atau putih di bagian dalamnya. Selain itu, sayuran ini juga memiliki cita rasa sedikit manis dan gurih ketika dikonsumsi. Dengan segudang nutrisi di dalamnya, tidak heran bila Rutabaga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat Rutabaga yang sayang dilewatkan:

BACA JUGA:RESMI: Thiago Motta Tinggalkan Bologna, Apa Benar Selanjutnya Merapat Ke Juventus?

1. Menurunkan tekanan darah

Kaya akan kalium dan kalsium, rutabaga juga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Ini karena kedua kandungan tersebut dapat merelaksasi dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun menurun.

2. Menurunkan berat badan

Tingginya kandungan serat dalam rutabaga menjadikannya sebagai salah satu pilihan makanan bagi Anda yang ingin atau sedang menjalani program diet. Ini karena serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan akan lebih terkontrol.

3. Mencegah degenerasi makula

Konsumsi rutabaga juga dapat mencegah terjadinya degenerasi makula. Manfaat ini didapatkan berkat kandungan lutein dan zeaxanthin di dalamnya yang dapat melindungi retina mata dari kemungkinan kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih.

4. Mengatasi sembelit

Selain menurunkan berat badan, kandungan serat dalam rutabaga juga dipercaya dapat mengatasi sembelit. Serat dapat mendukung pergerakan usus dan melunakkan tinja, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

BACA JUGA:Tips Mengatasi Bintik-Bintik di Kulit Wajah, Rentan Sensitif Bagi Perempuan

5. Mencegah keriput

Kandungan antioksidan dalam rutabaga, terutama vitamin C, diketahui efektif dalam mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat paparan sinar matahari. Dengan begitu, kulit pun tetap sehat dan terhindar dari keriput maupun tanda penuaan dini lainnya. Itulah manfaat rutabaga untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: