Kenali 5 Manfaat Tape Singkong Yang Perlu Diketahui Karena Sangat Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Kenali 5 Manfaat Tape Singkong Yang Perlu Diketahui Karena Sangat Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat tape singkong bagi tubuh -UMSU-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Tape atau disebut juga peuyeum merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari fermentasi singkong. Proses fermentasi singkong dengan ragi menciptakan rasa Tape yang manis dan sedikit asam dengan aroma alkohol yang ringan. Berikut ini adalah berbagai manfaat Tape singkong yang bisa diperoleh:

BACA JUGA:Masih Bingung Tentang Abstrak? Memahami Abstrak dalam Karya Ilmiah: Pentingnya Ringkasan yang Efektif

1. Sebagai camilan sehat

Karena kandungan nutrisinya beragam, tape singkong cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat. Selain itu, untuk mendapatkan manfaat tape, Anda juga bisa mencampur atau mengolahnya sebagai hidangan penutup, seperti es buah, es cendol, atau es krim.

2. Menghangatkan tubuh

Tape singkong sering dijadikan sebagai salah satu makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Kandungan alkohol yang ringan dari hasil fermentasi dengan ragi menjadi faktor utama yang memicu efek hangat pada tubuh setelah mengonsumsi tape. Hal ini membuat tape cocok dikonsumsi saat cuaca dingin.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Sebagian besar faktor yang membentuk imunitas tubuh dapat ditemukan di usus. Oleh karena itu, sistem pencernaan yang sehat merupakan kunci dari daya tahan tubuh yang kuat. Konsumsi makanan fermentasi, seperti tape, dapat membantu usus dalam memecah makanan dan meningkatkan kadar probiotik yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat tape singkong juga penting bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh. Proses fermentasi singkong dalam pembuatan tape dapat meningkatkan kandungan probiotik di dalamnya. Kandungan tersebut penting untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Probiotik dapat melawan bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.

BACA JUGA:Tips Bangun Pagi Lebih Awal, Tanpa Bantuan Alarm

5. Mencegah konstipasi

Tape merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Selain kandungan probiotiknya, manfaat ini juga dapat diperoleh dari kadar air dan serat di dalamnya yang cukup tinggi. Konsumsi makanan tinggi air dan serat dapat melembutkan serta memadatkan tinja. Dengan begitu, tinja bisa dengan mudah dikeluarkan dan BAB menjadi lancar. Demikian beberapa manfaat tape singkong yang jarang diketahui namun baik untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: