Anda Mengalami Darah Tinggi? Berikut Beberapa Jenis Makanan Penyebab Darah Tinggi

Anda Mengalami Darah Tinggi? Berikut Beberapa Jenis Makanan Penyebab Darah Tinggi

Jenis makanan penyebab darah tinggi -Hello Sehat -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah mencapai angka 140/90 mmHg atau lebih. Kondisi ini tidak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti stroke, jantung, demensia vaskular, dan penyakit ginjal. Agar Anda terhindar dari tekanan dari tinggi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menghindari konsumsi makanan penyebab darah tinggi. Dengan menghindari atau membatasi makanan penyebab hipertensi, tekanan darah Anda dapat terkontrol. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penyebab darah tinggi

1. Makanan kaleng

Tekanan darah Anda bisa meningkat jika gemar mengonsumsi makanan kaleng, seperti sarden dan kornet. Layaknya makanan cepat saji, makanan kalengan umumnya tinggi akan kandungan natrium atau garam sehingga konsumsinya secara berlebih dapat meningkatkan tekanan darah.

BACA JUGA:Sedang Diet? Berikut Olahan Kentang Yang Baik Untuk Mengurangi Berat Badan

2. Makanan tinggi garam

Mengonsumsi makanan tinggi garam, seperti ikan asin, telur asin, sereal, kentang goreng, mie instan, biskuit, keju, roti, acar, mentega, dan saus, secara berlebih bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah. Ini karena makanan tersebut mungkin untuk menyebabkan penumpukan garam di dalam tubuh. 

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng, piza, atau hot dog, memang terasa nikmat. Namun, Anda harus membatasi konsumsinya karena makanan tersebut termasuk ke dalam golongan makanan penyebab darah tinggi. Konsumsi makanan cepat saji bisa menaikkan tekanan darah karena umumnya mengandung natrium atau garam yang tinggi. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, konsumsi makanan tinggi garam bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

BACA JUGA:Berikut 5 Manfaat Buah Angkung Yang Jarang Diketahui Namun Baik Untuk Tubuh

4. Makanan tinggi gula

Konsumsi makanan tinggi gula, khususnya fruktosa, bisa membuat tekanan darah meninggi. Pasalnya, asupan gula berlebih akan membuat kadar asam urat dalam darah meningkat. Saat kondisi itu terjadi, produksi nitric oxide yang berguna untuk mempertahankan elastisitas pembuluh darah akan terhambat. Dampaknya, tekanan darah akan mengalami peningkatan. 

5. Makanan tinggi lemak jenuh

Daging merah, kulit ayam, produk susu dan olahannya, mentega, gorengan, cookies, sampai cupcake tinggi akan kandungan lemak trans atau lemak jenuh, sehingga konsumsinya perlu untuk dibatasi. Pasalnya, makanan-makanan tersebut berpotensi menaikkan tekanan darah. Saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kedua lemak tersebut secara berlebih, kadar kolesterol jahat dalam darah akan meningkat. Kolesterol jahat ini pun dapat membentuk plak dan membuat pembuluh darah menyempit. Efeknya, jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah sehingga menyebabkan kenaikan tekanan darah. Itulah beberapa jenis makanan penyebab darah tinggi, sebaiknya hindari atau kurangi makanan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: