Siapa Sangka! Kayu Manis Kaya Akan Manfaat Berikut Beberapa Manfaatnya

Siapa Sangka! Kayu Manis Kaya Akan Manfaat Berikut Beberapa Manfaatnya

Manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh -Detik.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kayu manis merupakan jenis rempah yang lezat dan memiliki aroma yang khas. Selain umum dimanfaatkan sebagai bumbu masak, Kayu manis juga bisa diolah menjadi minyak esensial atau salah satu pilihan tanaman pengusir nyamuk dan obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Kayu manis mengandung protein, serat, kalsium, zat besi, kalium, selenium, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin K, serta zat-zat yang memiliki efek antioksidan, antibakteri, dan antiradang. Berkat kandungannya tersebut, tak heran jika Kayu manis diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Melawan infeksi jamur dan bakteri

Zat aktif Cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis diyakini mampu membantu melawan berbagai jenis infeksi, misalnya infeksi jamur penyebab gangguan pernapasan dan infeksi bakteri penyebab kerusakan gigi dan bau mulut.

2. Mengurangi peradangan

Kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid dalam kayu manis menjadikannya baik untuk dikonsumsi guna mengatasi peradangan, mempercepat pemulihan luka, dan mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas.

3. Mengontrol tekanan darah

Kayu manis mengandung kalium dan antioksidan yang tinggi, sehingga baik untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi.

4. Menurunkan kadar gula darah

Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, kayu manis diketahui dapat meningkatkan kinerja dan efektivitas hormon insulin pada pasien diabetes dipe 2, serta mencegah terjadinya penyakit diabetes dan resistensi insulin pada orang yang sehat.

5. Menjaga kesehatan jantung

Ekstrak kayu manis memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, yakni jenis lemak jahat yang dapat menyebabkan terjadinya sumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Manfaat ini menjadikan kayu manis sebagai salah satu tanaman herbal yang baik untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung. Itulah berbagai manfaat yang terkandung dalam kayu manis yang bagus untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: