Mengenal 5 Manfaat Buah Jambu Air Yang Bagus Untuk Tubuh

Mengenal 5 Manfaat Buah Jambu Air Yang Bagus Untuk Tubuh

Manfaat buah jambu air -Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Jambu air  adalah buah yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Saat matang, buah ini berwarna merah dan memiliki rasa yang manis, renyah, dan berair. buah ini juga masih satu keluarga dengan jambu bol alias jambu jamaika. Selain dikonsumsi langsung, Jambu air juga sering diolah menjadi rujak, asinan, dan manisan. Bagian lain dari tanaman Jambu air, seperti batang dan daunnya, juga kerap digunakan sebagai obat tradisional. Berkat kandungan gizinya yang cukup melimpah, ada banyak manfaat Jambu air yang sayang untuk dilewatkan. Selain dengan mengonsumsi buahnya, manfaat Jambu air juga bisa didapatkan dengan mengolah dan mengonsumsi daunnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat Jambu air:

1. Mengontrol berat badan

Jambu air termasuk buah yang kaya akan serat dan rendah kalori, serta memiliki kandungan air yang tinggi. Kandungan serat dalam jambu air dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda makan berlebihan.

BACA JUGA:5 Manfaat Kol Putih Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan

2. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Jambu air merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak serat. Kandungan serat yang tinggi pada jambu air bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, serta mencegah dan mengatasi sembelit.

3. Membantu mengontrol gula darah

Ekstrak daun jambu air diketahui bermanfaat untuk meningkatkan pelepasan insulin. Hal ini menjadikan daun jambu air baik dikonsumsi untuk membantu mengendalikan gula darah, yang tentunya berguna bagi penderita diabetes.

BACA JUGA:Manchester United VS Arsenal, Leandro Trossard Bawa The Gunners Menang Melawan The Red Devils 0-1

4. Mencegah berbagai penyakit kronis

Jambu air kaya akan polifenol. Senyawa antioksidan ini tidak hanya terdapat di dalam buahnya, tetapi juga di daun jambu air. Polifenol bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat bahaya radikal bebas dan berkontribusi dalam pencegahan penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung.

BACA JUGA:Bukan Spekulasi! Kini Kylian Mbappe Resmi Pergi dari PSG, Kemana Mbappe Akan Berlabuh Selanjutnya?

5. Melawan infeksi

Ekstrak daun jambu air bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri, seperti S. aureus dan E. coli. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah jambu air juga dapat memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini membuat jambu air dipercaya dapat mencegah infeksi dan membantu pemulihan tubuh setelah sakit. Itulah berbagai manfaat jambu air bagi kesehatan bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah maupun daunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: