Ternyata Rumput Laut Memiliki Manfaat Yang Bagus Untuk Tubuh Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Ternyata Rumput Laut Memiliki Manfaat Yang Bagus Untuk Tubuh Loh! Berikut Beberapa Manfaatnya

Manfaat rumput laut untuk kesehatan yang jarang diketahui -UMSU-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Rumput laut merupakan bagian dari keluarga ganggang multi sel yang mencakup ganggang hijau, ganggang merah, serta ganggang cokelat. Manfaat Rumput laut pun tidak perlu diragukan lagi. Selama berabad-abad, Rumput laut menjadi primadona untuk bahan obat-obatan, industri, dan makanan karena kandungan gizinya. Sebelum mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat Rumput laut, penting untuk mengenali beragam jenis Rumput laut yang bisa dikonsumsi, baik saat masih segar, dikeringkan, dimasak, maupun diolah menjadi suplemen bubuk. Rumput laut kaya akan berbagai senyawa tumbuhan yang berfungsi sebagai antioksidan alami, seperti flavonoid dan karotenoid. Berikut ini adalah beberapa manfaat Rumput laut yang bisa Anda peroleh:

1. Meningkatkan kesehatan usus

Kandungan serat dalam rumput laut mampu mencegah sembelit dan melancarkan kerja sistem pencernaan. Rumput laut juga mengandung prebiotik yang menguntungkan usus dan mengurangi risiko terkena infeksi bakteri tertentu yang berbahaya.

BACA JUGA:Hobi Lari? Berikut Deretan Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan fungsi tiroid

Kelenjar tiroid melepaskan hormon untuk membantu produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid butuh asupan yodium untuk membuat hormon. Tanpa yodium yang cukup, tubuh bisa mengalami perubahan berat badan, sering lelah, atau muncul pembengkakan di leher. Nah, salah satu cara untuk mencukupi asupan yodium adalah dengan mengonsumsi rumput laut.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Senyawa antioksidan dan antialergenik dalam rumput laut mampu menghalangi berbagai virus masuk ke dalam sel tubuh.

BACA JUGA:Sejarah Singkat Kartini, Pernah Belajar Bahasa Belanda Simak Selengkapnya

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Rumput laut merupakan sumber serat larut air yang baik. Rumput laut juga mengandung asam lemak omega-3, kalium, serta antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

5. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat rumput laut untuk menurunkan berat badan diperoleh berkat kandungan fucoidan dan serat di dalamnya. Fucoidan bisa meningkatkan pemecahan lemak serta mencegah pembentukan lemak di dalam tubuh. Sementara itu, serat dalam rumput laut dapat mengurangi rasa lapar dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:Biografi Singkat Kartini, Sosok Pahlawan Nasional Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: