Khasiat Kembang Turi Tidak Usah Diragukan Lagi! Berikut Beberapa Khasiatnya

Khasiat Kembang Turi Tidak Usah Diragukan Lagi! Berikut Beberapa Khasiatnya

Bunga turi kaya akan manfaat untuk menyehatkan tubuh -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Kembang turi adalah bunga dari tanaman turi yang berwarna merah atau putih. Kembang turi banyak ditemukan di kawasan negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Kembang dengan nama latin Sesbania grandiflora ini sudah sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Kembang turi memiliki cita rasa kuat dan pahit dan dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dahulu. Di Indonesia, kembang ini biasanya banyak dikonsumsi sebagai tumisan atau lalapan. Manfaat Kembang turi berasal dari beragam kandungan di dalamnya yang kaya akan nutrisi, seperti tanin, flavonoid, saponin, protein, fitosterol, dan vitamin C. Berkat sejumlah kandungannya tersebut, Kembang turi dapat memberikan beragam manfaat, seperti:

1. Mempercepat penyembuhan luka

Kembang turi juga diketahui dapat membantu dalam proses penyembuhan luka. Manfaat ini dapat diambil dari ekstrak metanol kembang turi. Ekstrak tersebut mampu menyembuhkan luka secara signifikan.

BACA JUGA:Disebut Jadi Angin Segar Masyarakat Majalengka, Ini Sejarah Kehadiran Bioskop Di Majalengka

2. Mengobati sariawan

Kembang turi bisa bermanfaat untuk mengobati sariawan. Hal ini dapat terjadi karena kembang yang memiliki warna merah atau putih ini kaya akan vitamin C. Mengingat sariawan merupakan peradangan di dalam mulut yang umumnya terjadi akibat kekurangan vitamin C, maka kandungan vitamin C pada kembang turi diyakini dapat membantu mengobati sariawan. Selain itu, vitamin C pada buah turi juga mampu menjaga daya tahan tubuh sehingga dapat mengurangi risiko sariawan.

3. Meredakan demam

Kandungan fitosterol pada kembang turi juga diketahui bisa meredakan demam. Fitosterol memiliki sifat antiradang dan antipiretik yang berguna untuk meredakan atau mengurangi demam. Selain itu, kandungan fitosterol di dalam kembang turi juga menunjukkan aktivitas analgesik yang signifikan sehingga efektif untuk meredakan demam.

BACA JUGA:Cocok Untuk Menurunkan Panas, Ini 7 Rekomendasi Buah-buahan Untuk Yang Mengalami Demam Berdarah

4. Mengobati jerawat

Selain sariawan, kembang turi juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung antibakteri, seperti tanin, flavonoid, dan saponin. Kandungan-kandungan tersebut mampu mengeluarkan sel bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

BACA JUGA:Ingin Mencerahkan Kulit? Berikut Buah Buahan Yang Dapat Mencerahkan Kulit Dari Dalam

5. Mencegah diare

Kembang turi juga dapat digunakan untuk mengatasi diare, karena mengandung senyawa alami tanin. Senyawa yang bersifat antioksidan ini mampu mencegah penyerapan zat beracun penyebab diare. Selain itu, sifat antibakteri yang terkandung di dalam kembang turi juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare. Itulah manfaat yang terkandung dalam bunga turi untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: