5 Jenis Kebaya untuk Rayakan Hari Kartini, dari Tradisional hingga Kekinian

5 Jenis Kebaya untuk Rayakan Hari Kartini, dari Tradisional hingga Kekinian

Kebaya modern Baby Doll yang elegan dan memukau untuk dipakai pada momen Hari Kartini. -Pinterest - Tangkapan Layar -radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Perayaan Hari Kartini biasa diperingati pada setiap tanggal 21 April oleh seluruh masyarakat Indonesia, baik dari ranah pendidikan seperti sekolah, hingga ranah pemerintahan, semua merayakannya.

Hari Kartini mulai pertama kali ditetapkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964, yang dikeluarkan pada tanggal 2 Mei 1964. Keputusan ini dibarengi dengan menetapkan Kartini sebagai Pahlwan Kemerdekaan Indonesia. 

Memanglah sudah menjadi bukti bahwa, sosok Raden Ajeng Kartini merupakan seorang Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang memiliki rasa juang yang tinggi dalam mengupayakan emansipasi kaum wanita di Indonesia dan menjunjung tinggi kesetaraan.

Maka dari itu semangat juang dari RA Kartini dijadikan sebagai sebuah peringatan untuk Hari Kartini, yang biasa disambut dengan beragam kegiatan, seperti salah satunya dengan penggunaan baju adat yang biasanya identik dengan kebaya, pada artikel berikut ini akan membahas mengenai 5 jenis kebaya untuk rayakan Hari Kartini, dari tradisional hingga kekinian, simak selengkapnya disini. 

BACA JUGA:Kepulauan Mentawai Jadi Sorotan, Usai Vokalis RHCP Anthony Kiedis Berlibur Sambil Bersantai Nikmati Suasana

1. Kebaya Encim

Kebaya Encim merupakan warisan budaya Betawi yang memancarkan pesona kecantikan nan elegan. Keunikan kebaya ini terletak pada bordiran bunganya yang menghiasi bagian depan dengan model huruf V hingga ke bagian bawah kebaya. Kebaya Encim sering digunakan oleh para Abang None Jakarta, simbol kecantikan dan budaya Betawi. Memakai kebaya ini berarti menunjukkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya Betawi termasuk terhadap kebudayaan Indonesia yang kaya ini.

2. Kebaya Kutu Baru

Kebaya Kutu Baru sebagai baju adat model klasik yang tak lekang oleh waktu. Pilihlah bahan yang ringan dan motif yang kekinian untuk sentuhan modern. Bersama dengan perpaduan bawahan batik atau kain tenun untuk menambah keanggunan serta unsur elegan yang melekat dari baju adat satu ini.

BACA JUGA:Menilik Agrowisata Kampung Durian Sinapeul Majalengka, Pecinta Durian Wajib Datang Kesini! 

3. Kebaya Bali

Kebaya Adat Bali ini bisa menjadi sebuah pilihan istimewa bagi para perempuan yang ingin tampil anggun dan menawan di perayaan Hari Kartini. Bentuknya yang sederhana namun kaya detail menghadirkan daya tarik tersendiri, memancarkan pesona budaya Bali yang kaya dan indah. Selendang merupakan aksesori wajib dalam Kebaya Adat Bali. Diikatkan di pinggang, selendang ini tidak hanya mempercantik penampilan tetapi juga mempertegas lekuk tubuh penggunanya yan mampu memberikan kesan elegan dan rupawan.

4. Kebaya Brokat

Kebaya Brokat selalu menjadi pilihan favorit untuk tampil memukau di berbagai acara spesial, termasuk Hari Kartini. Bahan brokat yang berkilau menghadirkan kesan mewah dan elegan, memancarkan aura kecantikan dan kepercayaan diri bagi para penggunanya. Untuk pilihannya bisa dengan memilih model brokat yang simpel dengan detail renda atau payet untuk tampilan yang lebih modern dan kekinian. Anda juga dapat memadukannya dengan aksesoris modern seperti bros, kalung, atau gelang. Agar menambah kesan yang lebih memukau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: